Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor bersama Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menghadiri syukuran panen padi, di areal tanam Kelompok Tani (Poktan) Cinta Maju, Desa Hamayung, Kecamatan Daha Utara,

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, di Hamayung, Kamis (26/9) mengatakan, apa yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel menjadi perhatian bagi masyarakat HSS, diharapkan terus dipantau dan dibina para petaninya.

"Sesuai dengan harapan gubernur untuk petani kita semakin sejahtera tanam dan menanam itu bisa kita wujudkan bersama, kami juga mengucapkan terimakasih atas perhatian dari bapak gubernur dan jajaran," katanya.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, mengatakan panen raya dalam rangka mensyukuri atas keberhasilan dari sawah yang ditanami, dengan luasan areal yang dimiliki 500 hektar, dan yang dipanen dalam syukuran ini ada 50 hektar.

Syukuran panen padi Poktan Cinta Maju bersama Gubernur Kalsel

 


Baca juga: Bekas galian tambang menjadi lahan pertanian Padi Gogo

Dijelaskan dia, agar masyarakat dan utamanya para petani menjaga lahan dari kebakaran hutan dan lahan, karena banyak dampak yang negatif akibat kebakaran hutan, seperti polusi udara dan gangguan pernafasan.

Ketua Kelompok Tani Cinta Maju Badrun, mengatakan sebanyak 50 hektar lahan pertanian yangb dilakukan panen dikerjakan oleh tujuh poktan, dan berkat bimbingan dan arahan jajaran Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel dan Dinas Pertanian HSS.

"Pengetahuan dan pengalaman yang diberikan kepada kami para petani tentunya sangat positif dalam meningkatkan hasil produksi pertanian," katanya.

Selama bercocok tanam tidak ada kendala dan petani mendapat bantuan, seperti bibit benih unggul sampai pupuk produk dari PT Prima Agro Tech yang mendukung demontrasi area budidaya tanaman sehat (Dem Area BTS).

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Wabup HSS harapkan Perhiptani dukung pembangunan daerah

Adapun beberapa produk bantuan diberikan mulai dari prima deco, metarizep sampai bio insektisida dan bio nematisida sekaligus pendampingan secara langsung kepada para petani.

Dalam kegiatan ini, Gubernur Kalsel memberikan bantuan lima traktor, empat unit traktor kepada Upja Hamayung Bersatu dan satu unit traktor kepada Poktan untuk mendukung usaha tani mereka.

Turut hadir, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Provinsi Kalsel H. Syamsir Rahman, Forkopimda HSS, para kepala SKPD Pemkab HSS, alim ulama, camat Daha Utara, kepala desa setempat, pengurus dan anggota Kelompok Tani Cinta Maju, warga sekitar dan undangan lainnya.

Syukuran panen padi area budidaya tanaman sehat (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019