Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama Ketua Komisi II DPRD HSS Syafriansyah menghadiri panen perdana padi gogo Kelompok Tani (Poktan) Tani Abadi, di lahan pertanian bekas galian tambang, di Dusun Loktampang, Desa Malutu, Kecamatan Padang Batung.

Ia mengatakan, bahwa masyarakat HSS harus bersyukur karena memiliki wilayah topografis pertanian yang berbeda, sehingga masa panen juga berbeda dan hal ini menjadikan keuntungan tersendiri karena ketersediaan padi masyarakat bisa terjamin setiap saat.
 
"Visi misi kita ke depan adalah bagaimana membudidayakan pertanian yang berbasis organik. Selain biaya pertanian yang dikeluarkan lebih murah, hasil yang didapatkan dari pertanian sistem organik juga lebih terjamin dari segi kesehatannya, karena tidak menggunakan bahan kimia dalam proses pengolahannya," katanya, saat memberikan sambutan, Selasa (2/4) pagi.

Panen perdana Padi Gogo Poktan Tani Abadi (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS hadiri syukuran panen Poktan Rasau Bhakti

Dijelaskan dia, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS berusaha untuk mendorong agar petani jangan terus ketergantungan terhadap pupuk, pupuk tetap ada tetapi pupuk olahan sendiri, secara swadaya.

Baik dari kotoran hewan maupun kompos tanaman dan untuk beras organik, pangsa pasar pun dicarikan, antara lain dengan menginstruksikan agar para pegawai negeri sipil bisa membeli produk beras organik ini setiap bulan.

Sehabis acara seremonial, acara dilanjutkan dengan sesi dialog dengan masyarakat. Dialog ini dipimpin Ketua Komisi II DPRD HSS Syafriansyah, di mana bupati dan jajaran menjawab dan menampung segala aspirasi dan permasalahan yang diajukan masyarakat.

Mengemukan dalam dialog ini antara lain, permasalahan hama yang dihadapi para petani yang lagi mewabah saat ini, yakni adanya kawanan kera atau "Bangkui" yang merugikan usaha pertanian.

Selain itu, ada pula dikemukakan permintaan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), gudang gabah dan lantai jemur padi, juga solusi pemanfaatan lahan bekas galian tambang yang masih tersisa untuk budidaya perikanan.

Panen perdana Padi Gogo Poktan Tani Abadi (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS instruksikan para pejabat beli beras sehat produksi lokal

Bupati HSS menanggapi berbagai usulan dan permintaan masyarakat ini dan akan ditindaklanjuti pihaknya. Ada yang sifatnya segera dan adapula yang harus dikaji terlebih dahulu.

Untuk hal teknis sendiri diserahkan kepada masing-masing Dinas terkait, termasuk diantaranya pula tentang pengaspalan ruas jalan dari Jalan Batu Laki sampai dengan Paharuangan.

Jawaban dalam dialog ini juga disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian HSS Muhammad Noor dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang HSS Teddy Soetedjo, serta dilakukan penyerahan bantuan dana untuk sekolah yang ada di Desa Malutu.

Panen perdana Padi Gogo Poktan Tani Abadi (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019