Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menjadi satu-satunya Bupati di wilayah Kalimantan yang masuk dalam nominasi  Innovative Government Award (IGA) Tahun 2019, dan menyampaikan presentasi langsung di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS Hendro Martono, di Jakarta, Rabu (25/9), mengatakan IGA merupakan penghargaan yang diberikan atas penilaian inovasi daerah pemerintah daerah, menggunakan mekanisme pengukuran indeks inovasi daerah.

"Tidak sembarang bupati atau walikota yang mendapat kesempatan presentasi dalam penilaian tersebut, hanya kepala daerah yang inovasinya berhasil masuk 10 besar nominasi IGA Tahun 2019. Tercatat ada 62 inovasi Pemerintah Kabupaten(Pemkab) HSS yang didaftarkan di Kemendagri," katanya.

Dijelaskan dia, penilaian yang dilakukan Kemendagri ini juga merupakan amanah pasal 388 ayat 9 Undang-Undang Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, yang menyatakan pemerintah pusat melakukan penilaian terhadap inovasi daerah pemerintah daerah.
 
Presentasi inovasi daerah Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Tim Kemendagri RI dampingi pengukuran indeks inovasi daerah HSS

Dan dari beberapa tahapan yang telah dilalui maka Kabupaten HSS menjadi kabupaten satu-satunya mewakili regional pulau Kalimantan, yang berhasil masuk nominasi IGA Kemendagri Tahun 2019.

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengatakan inovasi adalah semangat dari berfikir apa yang seharusnya bukan apa adanya, sehingga tidak terjebak dalam rutinitas, dan pola pikir inilah yang selama ini diimplemetasikan di Kabupaten HSS.

"Dengan inovasi Kabupaten HSS berhasil menurunkan angka kemiskinan, dan berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi," katanya, saat didaulat menyampaikan presentasi di di aula Command Center Kemendagri.
 
Bupati HSS H Achmad Fikry, Sekda HSS HM Noor dan kepala SKPD terkait
(Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Aparat kecamatan, kelurahan dan desa HSS dikenalkan penggunaan GPS

Menurut dia, setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab HSS didorong harus memiliki inovasi, dan inovasi dimaksud harus bermuara kepada kesejahteraan masyarakat.

Presentasi disampaikan di depan Kepala Pusat Litbang Kemendagri dan Dewan Juri yang terdiri dari Hadi Supratikta, M. Helmi Abidin dari UCLG ASPAC, Elly  dari LAN, Siti Aminah, M. Amin dari Ristek Dikti dan Setiowiji dari LIPI.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS H. Muhammad Noor dan beberapa para kepala SKPD terkait dari Pemkab HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019