Malam puncak perayaan Hari Jadi (Harjad) ke-493 Kota Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan di halaman Balaikota, Selasa (24/9) malam, berlangsung cukup meriah, karena dipenuhiratusan penari dalam atraksi tari kolosal.

Ada sebanyak 493 orang penari sebagaimana usia kota yang didirikan pada 24 September 1526 tersebut menghibur para hadirin, di antaranya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Bahkan yang hadir tidak hanya dari pejabat tinggi di Provinsi Kalsel saja, namun juga beberapa kepala daerah di Indonesia, yang merupakan delegasi pada kegiatan City Sanitation Summit (CSS) ke-19 tahun 2019 di Kota Banjarmasin.

Baca juga: 493 penari akan tampil HUT Banjarmasin ke-493
Baca juga: Pemkot Banjarmasin luncurkan tiga buku pada puncak hari jadi
Tari kolosal yang menghibur para tamu tersebut berjudul "Maurati hinak sajarah, muhara gawi mambangun" yang dikaryakan seniman Firmansyah S.Sos.

Para penari yang terlibat tidak hanya dari sanggar-sanggar tari, namun juga para pelajar, bahkan hingga tingkat TK.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang didampingi wakilnya H Hermansyah menyatakan, pada Harjad tahun ini mengangkat tema Banjarmasin kota pariwisata sungai dengan wirausaha baru yang kreatif dan inovatif.

Menurut dia, ada tiga pilar yang fokus dibangun pihaknya dalam memimpin kota tua ini, yakni, membangun dan memelihara sungai, karena kota ini dikenal dengan kota seribu sungai.

Kedua, lanjut dia, upaya menciptakan wirausaha baru, di mana target pihaknya selama memimpin ini sebanyak 2.500 wirausaha baru.

"Yang terakhir kita ingin menjadikan kota ini berbasis smart city, di mana langkah itu sudah dilakukan," tuturnya.
Baca juga: Lapsus- DPRD Banjarmasin: Wujudkan kota sungai berbasis ekonomi kreatif
Baca juga: Lapsus: DPRD Banjarmasin gelar rapat paripurna Harjad ke-492

Langkah pembangunan lain yang sudah dicapai adalah diresmikannya pada Harjad ini RSUD Sultan Suriansyah yang merupakan RS dibangun dalam dua kepemimpinan, dari mantan Wali Kota H Muhidin-Irwan Anshari, kemudian dirinya bersama Hermansyah.

"Ada yang lain lagi, seperti pembangunan trotoar di jalan A Yani yang ramah defabel, air mancur menari di RTH Kamboja dan lainnya," papar Ibnu Sina.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengungkapkan apresiasinya terhadap pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah kota, yakni, dengan bukti banyak menerima penghargaan.

"Moga kita selalu ikhlas membangun untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
Baca juga: 492 titik gelar upcara puncak Harjad Banjarmasin
Baca juga: Aneka kegiatan Harjad Kota Banjarmasin

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019