Hj. Isnaniah Achmad Fikry dikukuhkan sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) oleh Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj. Raudatul Jannah Sahbirin Noor, dalam peringatan Hari Anak Nasional tahun 2019 tingkat Kalsel.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, di Banjarmasin, Sabtu (21/9), mengatakan peringatan Hari Anak Nasional merupakan wujud kepedulian semua pihak terhadap perlindungan anak, agar mereka berkembang secara optimal, serta memberikan pelajaran-pelajaran agar mereka bisa semakin terampil.

"Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita bangsa, semakin baik kualitas anak maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa," katanya, saat memberikan sambutan.

Dijelaskan dia, semua pihak memiliki kewajiban untuk mewujudkan generasi yang berkualitas dengan memberikan pola pengasuhan yang memenuhi hak dan melindungi anak dari hal-hal yang buruk.

Ditekankan pula  bahwa peran orang tua dalam perkembangan anak sangatlah besar, karena jika tidak waspada, maka sesuatu yang tak diinginkan bisa saja terjadi pada anak.

Sebagai contoh, baru-baru ini telah terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah(HST), ada anak yang meninggal karena kekerasan oleh seorang yang mengalami gangguan mental

"Adanya pengukuhan Bunda PAUD diharapkan bisa mewujudkan layanan yang lebih berkualitas, karena keberadaannya yang sangat penting," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalsel Hj. Husnul Khatimah, mengatakan peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dirangkai pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pengukuhan forum anak Kalsel.

Peringatan ini momen penting bagi anak Indonesia khususnya di Provinsi Kalsel untuk merayakan keberadaan mereka sebagai generasi penerus bangsa yang bergembira, juga menjadi acuan bagi Bunda PAUD ditingkat provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan dan kelurahan hingga desa dalam melaksanakan tugas dan perannya sebagai Bunda PAUD di wilayah masing-masing.

"Penilaian penghargaan inovasi dan kreatifitas forum anak di 13 kabupaten dan kota, sebagai salah satu usaha dalam mengenalkan forum anak kepada masyarakat," katanya.

Selain itu, sebagai media informasi tentang pemenuhan hak anak serta sarana sosialisasi pemenuhan hak dan perlindungan anak kepada masyarakat dan kegiatan ini melibatkan peserta sebanyak 700 orang yang berasal dari instansi, SKPD atau organisasi maupun lembaga terkait, juga forum anak daerah.

Pelantikan ditandai dengan pemasangan selempang kepada Hj. Isnaniah Achmad Fikry sebagai Bunda PAUD Kabupaten HSS, sementara untuk pengukuhan Forum anak Daerah Provinsi Kalsel periode 2018-2020 dikukuhkan oleh Gubernur Kalsel.

Bunda PAUD Kabupaten HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry mengatakan akan melaksanakan amanah sebagai Bunda PAUD Kabupaten HSS, dan akan terus membangun, membina dan memajukan layanan PAUD yang berkualitas di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019