Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj. Isnaniah Achmad Fikry menutup secara resmi kegiatan pelatihan PKK Desa se-Kabupaten HSS yang diikuti oleh 438 orang Pengurus Tim Penggerak PKK Desa.

Ia mengatakan, pelatihan yang telah didapatkan dapatkan agar menjadikan tidak ada lagi sekat dan penghalang, anggota PKK bagaikan saudara, untuk saling bahu membahu membahu dalam mencapai tujuan dalam mensejahterakan keluarga di Kabupaten HSS.

"Kegiatan outbound ini untuk mengikat tali persaudaraan,kebersamaan,kekompakan,kerjasama dan memberikan semangat baru bagi para kader PKK dalam menjalankan tugas sebagai kader PKK untuk sama-sama membangun desa," katanya, saat menyampaikan sambutan penutupan di Kiram Park, Sabtu (14/9).

Dijelaskan dia, suksesnya PKK kabupaten juga suksesnya PKK kecamatan dan PKK desa, ini dikarenakan PKK desa merupakan kepanjangan tangan dari PKK Kabupaten.

Baca juga: Pemkab HSS sambut kedatangan Tim Penilai Asman Toga

TP Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sebagai mitra kerja pemerintah. dan PKK desa merupakan ujung tombak, sudah tentu mereka sebagai kepanjangan tangan dari PKK kabupaten.

Ia mengingatkan, gerakan PKK adalah sebuah gerakan untuk mendukung program pemerintah, dengan sasaran keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat.

Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

"Peran PKK desa untuk menguatkan kewenangan desa menuju desa yang mandiri dan sejahtera, serta untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)," katanya.

Baca juga: 438 orang pengurus PKK desa HSS ikuti pelatihan peningkatan kapasitas

Pelatihan PKK Desa ini dibagi dua tahap. tahap satu dari tanggal 9 sampai dengan 11 September 2019 dan tahap dua dari tanggal 12 sampai dengan 14 September 2019, dibuka oleh Bupati HSS  H Achmad Fikry, M.AP di Hotel G'Sign Banjarmasin.

Dalam penutupan dihari terakhir pelatihan, para peserta mengikuti Outbound yang bertujuan untuk membangkitkan rasa kebersamaan, komunikasi, kekompakan dan komitmen dan diharapkan setelah kegiatan pelatihan ini maka kerjasama kader PKK di Kabupaten HSS semakin meningkat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019