Sebanyak 438 orang pengurus Tim Penggerak(TP) Pembinaan  Kesejahteraan Keluarga(PKK) Desa mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas pengurus tim penggerak PKK desa, se Kabupaten Hulu Sungai Selatan(HSS) yang dilaksanakan di Hotel G’Sign. 

Panitia Pelaksana Hj. Murziah, di Banjarmasin,  Senin (9/9), mengatakan kegiatan pelatihan PKK Desa ini diselenggarakan dalam dua angkatan, masing masing angkatan pelatihannya selama 4 hari.

"Angkatan pertama dimulai tanggal 8-11 September dan angkatan kedua tanggal 11-14 september 2019," katanya, saat menyampaikan laporan kegiatan.
 
Pelatihan peningkatan kapasitas TP PKK Desa (Fathurrahman/Humas HSS/Antarakalsel)

Baca juga: PKK HSS raih juara 1 lomba administrasi desa tingkat Provinsi Kalsel

Dijelaskan dia,  materi pelatihan diberikan dalam bentuk kulaih umum dan pada hari terakhirnya ada kegiatan outbound yang bertujuan untuk membangkitkan rasa kebersamaan, komunikasi, kekompakan dan komitmen, yang dilaksanakan di Kiram Park.

Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry, mengatakan seperti yang diketahui bahwa PKK desa memiliki peran penting dalam mendukung tugas dan kegiatan-kegiatan kepala desa, keberadaan PKK desa diharapkan aktif dan melaksanakan program-program yang ada dengan baik.

Selain itu, dasawisma perlu untuk diberdayakan sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK, dengan tujuan mewujudkan keluarga sejahtera, diharapkan agar dasawisma menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK.

"Dengan begitu keberadaan Dasawisma mempermudah koordinasi dan jaringan, sehingga program-program PKK  maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat sasaran," katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry,  mengatakan bahwa PKK adalah sebuah gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga, oleh karena ini sebuah gerakan maka PKK dari Kabupaten ke PKK Kecamatan sampai Desa itu bergerak.

Dijelaskan dia, kegiatan pelatihan saat ini merupakan untuk mendorong agar gerakan PKK itu lebih ditingkatkan lagi dimasa masa yang akan datang, gerakan PKK sifatnya sosial dan lebih pada semangat pengabdian, bertugas ikhlas dengan sukarela.

“PKK semata-mata sebagai wadah pengabdian, sekaligus sebagai ladang untuk menambah amal dan ibadah, karena tujuan kita adalah mensejehterakan keluarga,” katanya.
Pelatihan peningkatan kapasitas TP PKK Desa (Fathurrahman/Humas HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pemkab HSS sambut kedatangan Tim Penilai Asman Toga

Pengurus PKK desa agar meluruskan niat, sejalan semangat untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mensejahterakan masyarakat, dan tentu tidak semua masyarakat yang dapat disentuh, sehingga juga diperlukan skala prioritas.

Dalam melaksanakan kegiatan dengan skala prioritas, dengan diketahui saat ini PKK di Kabupaten HSS terus mengalami peningkatan, banyak meraih penghargaan diberbagai kategori.

Ditambahkan dia, dalam program P2WKSS dalam beberapa tahun terakhir ini HSS terus masuk dalam kelompok utama.  Selain itu untuk tertib administrasi terbaik pertama se Kalsel yang diraih oleh Desa Muning Baru, dan sekarang mengikuti Lomba Asman Toga tingkat Nasional.
Pelatihan peningkatan kapasitas TP PKK Desa (Fathurrahman/Humas HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019