DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2019 - 2024 terdapat delapan fraksi, yang sebagian besar pimpinannya mengalami pergantian atau regenerasi.

Penetapan pimpinan atau struktur fraksi-fraksi tersebut dalam rapat paripurna DPRD Kalsel yang dipimpin ketua sementara Dr (HC) H Supian HK SH MH dari Partai Golkar di Banjarmasin, Kamis.


Fraksi-ftaksi di DPRD Kalsel tersebut yang mengalami pergantian pimpinan yaitu Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ketuanya HM Rosehan NB SH dan Partai Gerindra dengan ketua H Syahdillah.

Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kalsel karena hasil Pemilu 2019 bisa menempatkan enam kader sehingga dapat berdiri sendiri dan mempunyai kepemimpinan sendiri pula yang ketuanya Habib Muhammad Zen Bahasyim.

Baca juga: Dua srikandi masuk ke usulan pimpinan DPRD Kalsel

Kemudian Fraksi Partai NasDem DPRD Kalsel regenerasi kepemimpinan yang sebelumnya atau periode 2014 - 2019 ketuanya H Iberhim Noor SE kini perempuan muda Gina Mariati S.Sos MIP.

Pada DPRD Kalsel periode 2014 - 2019 dalam membentuk satu fraksi dari NasDem yang beranggotakan tiga orang bergabungnya dengan Partai Hanura sebanyak dua orang.

Hasil Pemilu 2019, untuk DPRD Kalsel yang beranggotakan 55 orang itu, NasDem berhasil meraih empat dan bisa membentuk satu fraksi yang berdiri sendiri sesuai peraturan tata tertib (Tatib) lembaga legislatif tingkat provinsi tersebut.
Baca juga: Pimpinan dprd kalsel apresiasi kehadiran intan-go

Kepemimpinan fraksi di DPRD Kalsel yang juga mengalami pergantian/perubahan yaitu Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kini H Ardiansyah SHut - mantan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel, karena ketua sebelumnya tak mencalon anggota legislatif lagi.

Selain itu, fraksi gabungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrat masing-masing tiga orang, ditambah seorang dari Partai Hanura sebagai ketua fraksinya H Asbullah AS SH (PPP) sebelumya menjabat Wakil Ketua DPRD provinsi setempat.

Sedangkan Fraksi di DPRD Kalsel yang tetap ketuanya yaitu Partai Golkar, Dr H Karlie Hanafi Kalianda SH MH serta Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Hormasyah SAg SH.

Keseluruhan anggota DPRD Kalsel periode 2019 - 2024 sebanyak 55 orang terdiri dari Partai Golkar 12, PDIP dan Partai Gerindra masing-masing delapan orang.
Baca juga: Anggota DPRD Kalsel terima pembersih telinga

Selain itu, Partai Amanat Nasional (PAN) enam orang, PKS dan PKB masing-masing lima, Nasdem empat, PPP dan Partai Demokrat masing-masing tiga, serta Partai Hanura satu orang.

Dalam rapat paripurna pembukaan masa sidang I DPRD Kalsel periode 2019 - 2024 dengan agenda penetapan/pengumuman kepemimpinan fraksi-fraksi pada lembaga legislatif tersebut hadir Wakil Ketua sementara Muhammad Syarifuddin dari PDIP.

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019