Kalangan DPRD Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua sementara, Syairi Mukhlis didampingi Wakil Ketua sementara, Ruspiyandi menetapkan terbentuknya 8 Fraksi.

Ketua DPRD Kotabaru sementara, Syairi Mukhlis mengatakan, pembentukan alat kelengkapan dewan yang kini sudah terlaksana terbentuknya fraksi-fraksi.

Menurut Syairi, setiap anggota dewan harus masuk dalam fraksi-fraksi agar dalam menjalankan tugas dan fungsi legislatif secara optimal.

"Dalam ketentuannya, setiap fraksi paling sedikit beranggotakan tiga orang atau sama dengan jumlah komisi di DPRD setempat," katanya.

Secara teknis lanjut dia, partai politik yang sudah mencapai ketentuan dimaksud atau lebih, dapat membentuk satu fraksi. Sedangkan partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD tidak memenuhi ketentuan, dapat bergabung dengan fraksi yang ada atau membentuk fraksi gabungan.

Sesuai PP No12 tahun 2018, dan hasil kesepakatan pembentukan fraksi-fraksi DPRD Kotabaru periode 2019-2024 yang ditetapkan sebagaimana dibacakan Sekretaris DPRD, Joko Mutiono adalah, Fraksi PDIP dengan susunan Ketua Suwanti, Wakil ketua Hamka Mamang, Sekretaris Tajudiennor, anggota Jerry
Lumenta, Geswima Mega Putra, Agus Subejo dan Syairi Mukhlis.

Fraksi Golkar dengan susunan struktur organisasi H Mukhni AF sebagai Penasehat, Ketua   Ruspiyandi, Muhardi Wakil Ketua, Chairil Anwar Sekretaris dan Bahrul Ilmi anggota.

Selanjutnya Fraksi PPP, Muhammad Arif menjabat Penasehat, Denny Hendro Kurnianto sebagai ketua,  Mustakim Wakil Ketua, Harmono Sekretaris dan Zainal Abidin Anggota.

Kemudian Fraksi PKB, H Syaiful Rahmadi sebagai Ketua, H Akhmad Mulyani Wakil Ketua, H Masiarah Amin Sekretaris dan Hj. Norhaida  Anggota.

Fraksi PAN terdiri Awaludin sebagai Ketua, M Lutfi Ali menjadi Sekretaris dan Suji Hendra Anggota. Demikian pula Fraksi Hanura yang terdapat tiga orang masing-masing Edriansyah Ketua,   Nurtaibah Sekretaris dan Suriyah  Anggota.

Selanjutnya Fraksi Nasdem Demokrat Indonesia, Hj Alfisah Ketua, Hj Syarifah Jamilah  Sekretaris,  Siti Chairun Nisa Anggota dan Rabbiansyah Anggota.

Adapun Fraksi Keadilan Indonesia Raya terdiri Shokhiful Anam  Ketua, Hj Rosidah Wakil Ketua,  Geriyanto Sekretaris dan H Rustam Effendi Anggota.


 

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019