Jajaran pimpinan di DPRD Kota Banjarmasin untuk periode 2019-2024 akan diduduki para politisi muda, bahkan sang ketua yang akan didaulat dari fraksi PAN, yakni, Harry Wijaya baru berusia 32 tahun.

Herry merupakan Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Banjarmasin, di mana partainya memperoleh kursi terbanyak, yakni, 9 kursi legislatif Kota Banjarmasin pada Pemilu 2019. Herry yang dilahirkan di Banjarmasin tahun 1987 adalah pendatang baru atau anggota DPRD Kota Banjarmasin yang baru pertama kali terpilih. Dia bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Banjarmasin Timur.

"Ya, sudah dipastikan Herry Wijaya yang ditunjuk sebagai Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2029-2024 oleh DPP PAN," ujar staf fraksi PAN DPRD Kota Banjarmasin Irfan menunjukkan surat bertandatangan Ketua DPP PAN di gedung dewan kota, Minggu.

Sementara itu, untuk jajaran wakil pimpinan DPRD Kota Banjarmasin diduduki Partai Gerindra adalah H Muhammad Yamin yang mendapat penunjukkan DPP Gerindra.

H M Yamin juga merupakan politisi muda yang baru berusia 34 tahun atau kelahiran Kapuas, dia merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Banjarmasin. H M Yamin merupakan anggota DPRD Kota Banjarmasin dua periode, di mana daerah pertarungannya di Dapil Banjarmasin Selatan.

Partai Gerindra dibawah pimpinannya pada Pemilu 2019 memperoleh 6 kursi dari sebanyak 45 kursi di DPRD Kota Banjarmasin.

"Saya sudah menerima surat penunjukkan sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024 pada 28 Agustus 2019 dari DPP," ujarnya saat mengikuti geladi bersih pelantikan DPRD kota Banjarmasin, Minggu. Di mana pelantikannya akan digelar pada Senin, 9 September 2019.

Selanjutnya jajaran wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024 dari partai Golkar ditetapkan Hj Ananda, yang merupakan pula politisi muda, yakni, kelahiran Banjarmasin tahun 1984.

Baca juga: Golkar ajukan tiga politisi menjadi kandidat Ketua DPRD Kalsel

Baca juga: Maulana Mengganti Keanggotaan Ketua DPRD Banjarmasin

Dia merupakan politisi yang sudah terpilih tiga periode untuk kali ini, di mana posisi sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2014-2019.

Untuk jajaran wakil pimpinan DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024 didapat Partai PDIP dengan perolehan sebanyak 5 kursi, di mana politisi yang ditunjuk untuk menduduki kursi tersebut adalah Tugiatno.Tugiatno masuk politisi muda dari Partai berlambang banteng moncong putih tersebut berusia 45 tahun.

Tugiatno yang merupakan anggota DPRD Kota Banjarmasin petahana tersebut mengklaim sudah mendapat surat penunjukkan sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024 dari DPP.

"Surat instruksi dari partai sudah saya terima kemarin, tentunya kita harus siap menjalankan tugas dari partai ini," tuturnya di gedung dewan kota, Minggu.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019