Tiga politisi petahana Partai Golkar, yakni, DR (HC) H Supian HK, Karlie Hanafi dan Syarifah Rugayah dipilih menjadi kandidat calon Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan untuk periode 2019-2024.

Keputusan mencalonkan tiga politisi yang kembali terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Kalsel periode 2019-2024 tersebut diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar Kalsel H Sahbirin Noor di kantor DPD Partai Golkar Kalsel di Banjarmasin, Senin.

Hal tersebut dinyatakan H Sahbirin Noor yang merupakan Gubernur Kalsel pada acara rapat pleno diperluas DPD Partai Golkar Provinsi Kalsel dan pembekalan anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota se-Kalsel periode 2019-2024 dari 29-30 Juli 2019.

Baca juga: Golkar memperoleh kursi terbanyak Pemilu 2019 Provinsi Kalsel

Paman Birin, sapaan akrabnya mengatakan, setelah melakukan musyawarah dan kesepakatan, serta melalui mekanisme dan kriteria yang berlaku, tiga nama terpilih sebagai kandidat Ketua DPRD Kalsel periode 2019-2024 adalah DR (HC) H Supian HK, Karlie Hanafi dan Syarifah Rugayah.

"Sebenarnya calonnya banyak, cuma setelah melalui tahapan seleksi dan juga ada kriteria, jadi tiga nama itu yang akan diusulkan ke DPP. Segera akan diproses," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Provinsi Kalsel, H Puar Junaidi menjelaskan, berdasarkan ketentuan peraturan DPP, kriteria calon kandidat itu minimal berpendidikan S1, berpengalaman sebagai anggota fraksi, murni dari partai dan merupakan pengurus harian Partai Golkar.

Baca juga: Golkar Kalsel nyatakan pimpinan DPRD internal partai

"Jadi setelah digodok dan dievalusi tim, keluarlah tiga nama yang telah memenuhi syarat dan ketentuan. Sesegera mungkin prosesnya, jadi sebelum 9 September sudah ada keputusan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Partai Golkar kembali memperoleh kursi terbanyak di DPRD Kalsel untuk periode 2019-2024 pada Pemilu 2019 dengan raihan sebanyak 12 kursi dari sebanyak 55 kursi di DPRD Kalsel.

Dengan raihan kursi itu, Golkar berhak menempati kursi pimpinan tertinggi legislatif di provinsi tersebut untuk periode 2019-2024.

Baca juga: Golkar tetap pimpin DPRD Kalsel
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019