Persiapan acara pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) atau legislator tingkat provinsi tersebut periode 2019 - 2024 mencapai 99 persen.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kalsel Drs Haji Antung Mas Rozaniasyah di Banjarmasin, Senin mengatakan, dengan tingkat pencapaian 99 persen itu berarti persiapan acara pengucapan sumpah/janji legislator provinsi setempat sudah rampung.
Baca juga: Karyawan setwan kalsel mendadak tes urine

Sebagai contoh mengenai keprotokolan acara pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kalsel periode 2019 - 2024 yang beranggotakan 55 orang sudah pengecekan, dan tidak ada masalah.

Begitu pula pakaian seragam anggota DPRD Kalsel sudah selesai buat acara pengokohan sebagai wakil rakyat tingkat provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

"Pokoknya segala sesuatu yang berhubungan dengan acara pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kalsel sudah kami lakukan pengecekan, dan tampaknya siap. Insya Allah tidak akan terjadi apa-apa yang sangat prinsipil," tuturnya.
Baca juga: Syair bernuansa islami semarakan tahun baru hijriah

"Sementara masalah teknis, sebelum pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kalsel 2019 - 2024 pada 9 September nanti, kami dari Sekretariat DPRD (Setwan) akan mengadakan gladi kotor terlebih dahulu, agar acara berjalan lancar," HAM Rozaniasyah.

Dari 55 orang anggota DPRD Kalsel periode 2019 - 2024 tersebut hanya 21 wajah lama atau petahana, selebihnya pendatang baru yaitu Partai Golkar enam, PPP, PKB, Gerindra dan NasDem masing-masing tiga orang.

Kemudian wajah lama dari PDIP dua orang, PKS dan Demokrat masing-masing satu orang, sedangkan partai politik (parpol) lain yang menjadi anggota DPRD Kalsel periode 2019 - 2024 merupakan wajah baru.
Baca juga: Akademisi : Mengajak kesalehan lebih berat dari berbuat saleh

Parpol yang menjadi pemenang Pemilu 2019 dan berhasil masuk "Rumah Banjar" (Gedung DPRD Kalsel) Partai Golkar 12, PDIP tujuh, Gerindra serta PAN masing-masing enam orang.

Selain itu, PKB dan PKS masing-masing lima orang, NasDem empat, Demokrat tiga dan dari Hanura satu orang.

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019