Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharah 1441 Hijriah, berbagai kegiatan keagamaan banyak dilaksanakan, baik ditingkat kecamatan maupun di kabupaten. Seperti halnya Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, yang menggelar sholat hajat berjemaah di Masjid Al Akbar Balangan, Sabtu (31/8).

Shalat hajat itu dengan harapan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin, baik secara pribadi atau keluarga maupun kemasyarakatan dan kenegaraan.

Hadir dalam sholat hajat berjamaah tersebut, Ketua sementara DPRD Balangan Ahsani Fauzan, Ketua MUI Balangan HM Yusuf, sejumlah Kepala SKPD di lingkup Pemkab setempat serta ratusan jemaah.


Ketua sementara DPRD Balangan, Ahsani Fauzan mengajak kaum muslimin khususnya yang ada di Balangan melakukan muhasabah diri dan berbuat lebih baik di Tahun Baru 1441 Hijriah.
Baca juga: Shalat Subuh berjamaah peringati Tahun Baru Islam

Ajakan disampaikan Fauzan sapaan akrab anak bupati ini  saat menghadiri kegiatan sholat hajat berjemaah dan Doa Peralihan Tahun 1440 ke 1441 Hijriah, yang dipimpin Ketua MUI Balangan HM Yusuf.

Kegiatan sholat hajat dan Doa Peralihan Tahun Baru Hijriah ini diisi dengan pembacaan Surah Yaasin, Tahlil, doa akhir dan awal tahun hijriah, lalu dilanjutkan shalat Maghrib, shalat Hajat dan shalat Isya' berjamaah.

"Atas nama pribadi, keluarga dan lembaga legislatif  , saya mengucapkan Selamat Tahun Baru 1441 Hijriah, marilah kita melakukan muhasabah, sehingga pada tahun 1441 Hijriah ini kita menjadi lebih baik lagi," ujar Fauzan.
Baca juga: Ribuan masyarakat HST bershalawat

Dikatakannya, kita semua harus melakukan introspeksi atas segala perbuatan yang telah dilakukan selama tahun 1440 Hijriah, sehingga pada tahun 1441 Hijriah ini dapat berbuat yang lebih baik.

"Marilah kita bermohon kepada Allah SWT, semoga pada tahun 1441 Hijriah ini kita dapat berbuat (amal) lebih baik lagi," harapnya.

Sementara, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Balangan menyerukan kepada kaum Muslimin agar meningkatkan keimanan, ketakwaan dan keikhlasan. Tak lupa, senantiasa mengharap ridho Allah SWT dalam suasana hati yang sejuk, tenang dan damai.
Baca juga: 10.000 peserta semarakkan pawai Tahun Baru Islam di Banjar

"Kami berharap semoga di tahun 1441 Hijriah ini kita semua dapat meningkatkan amal kebajikan agar dapat memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi umat manusia, bangsa dan negara," kata Ketua MUI HM Yusuf

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019