Ratusan hektare lahan tidur di kiri dan kanan jalan negara di Desa Gunung Raja, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, terbakar.

"Kebakaran lahan tidur itu sejak Kamis (29/8) pagi, pukul 10.00 WITA hingga malam hari," ujar warga RT 06 Desa Gunung Raja, Kecamatan Tambang Ulang H Udin di Tambang Ulang, Jumat.

Baca juga: Pembakar lahan di Kalsel kini jalani proses hukum

Namun dengan kesigapan pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut dan dibantu warga sekitar yang siaga di tempat, dalam musibah itu tidak ada korban jiwa maupun rumah warga yang terbakar. "Pemadam kebakaran sudah siaga saat terjadi kebakaran lahan itu, sehingga tidak ada korban jiwa ataupun materi dalam peristiwa itu," katanya.

Baca juga: Desa di HST ini dicanangkan menjadi kampung bebas karhutla

"Pemadam kebakaran dari BPBD serta warga setempat bergotong royong untuk memandam api yang membakar lahan tidur tersebut," tuturnya.

Menurut dia, kebakaran lahan tidur yang terjadi di kiri dan kanan jalan negara tersebut diperkirakan mencapai ratusan hektare.

"Kami sangat berterima kasih kepada para petugas kebakaran dengan mobil pemadam yang selalu siap siaga di tempat kejadian, sehingga api tidak mengenai pemukiman warga," ucapnya.

Baca juga: Siaga Karhutka, bupati minta jangan bakar sampah

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019