Polres Tapin mengerahkan sebanyak 158 personel gabungan untuk mengamankan Haul Datu Sanggul ke-254 yang berlangsung pada Sabtu (31/8) besok.

Kapolres Tapin AKBP Bagus Suseno mengatakan, petugas yang berjaga akan menempati sejumlah pos pengamanan dan jalur yang dilintasi jamaah. 

Baca juga: Polres Tapin rapat persiapan Haul ke 254 Datu Sanggul

"Fokus perhatian kami tentu selain pengamanan di sekitar lokasi kegiatan, juga arus lalu lintas yang jadi perlintasan jamaah," terang Bagus di Rantau, Jumat.

Untuk itu, bagi masyarakat lain atau pengguna jalan yang tidak mengikuti haul diharapkan menggunakan alternatif waktu di luar pukul 08.00 sampai 15.00 WITA untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, perkiraan jamaah yang hadir sekitar 15 hingga 20 ribu orang dari berbagai daerah, bahkan luar Provinsi Kalsel juga ada," beber Kapolres.

Baca juga: Perusahaan wajib miliki alat pemadam kebakaran

Untuk pemantapan koordinasi pengamanan, Kabag Ops Polres Tapin AKP Raindhard Maradona telah memimpin rapat persiapan pengamanan di Polsek Tapin Selatan.

Seluruh unsur yang terlibat dalam pengamanan, termasuk panitia haul dan tokoh masyarakat berkumpul mematangkan koordinasi agar pelaksanaan haul tokoh agama bernama asli Syekh Muhammad Abdussamad itu dapat berjalan lancar.
Selain mengamankan kegiatan, Polres Tapin juga turut berpartisipasi dalam membantu tambahan kebutuhan kepada panitia seperti air mineral dan juga satu ekor sapi.

Baca juga: Polres Tapin bagikan 1350 lebih daging kurban

Kapolsek Tapin Selatan Iptu Singgih Aditiya Utama menyerahkan bantuan dari Kapolres tersebut kepada panitia secara simbolis sembari mengecek persiapan terakhir di lokasi utama kegiatan haul yang berpusat di Jalan Ahmad Yani Km 98, Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin itu.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019