Oleh Yose Rizal

Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pembina Ikatan Guru Indonesia (IGI) wilayah Kalimantan Selatan Khairul Saleh menyatakan, organisasi guru itu mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan kompetensi guru.

"Sejak dibentuk tanggal 8 Maret 2010, IGI Kalsel mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan kompetensi guru dan kemajuan dunia pendidikan di daerah," ujarnya di Martapura, Jumat.

Ia mengatakan, kompetensi bagi seorang guru sangat penting untuk menunjang profesi sebagai tenaga pendidik sehingga mampu memberikan ilmu pengetahuan sesuai kemampuan keilmuan yang dimiliknya.

Dijelaskan, peningkatan kompetensi menjadi salah satu media untuk mencerdaskan anak didik terutama dalam memberikan pencerahan disamping menanamkan perilaku terpuji bagi pribadi anak sehingga mampu berpikir positif.

"Paling penting adalah memberikan keteladanan perilaku dan moral sehingga ditiru dan menjadi panutan anak didiknya dan melalui etika moral diharapkan melahirkan generasi menuju Indonesia emas," ungkapnya.

Menurut Bupati Kabupaten Banjar itu, salah satu kontribusi yang diberikan IGI Kalsel adalah melaksanakan Seminar Nasional Pendidikan di Gedung Mahligai Pancasila, Kamis (6/6) diikuti ratusan guru se Kalsel.

Ditekankan, seminar itu memberikan masukan bagi pengurus IGI maupun para guru yang menjadi peserta seminar sehingga mampu memberikan pembelajaran dan pendidikan yang memenuhi standar bagi setiap anak didiknya.

"Guru merupakan profesi yang mulia dan menjadi salah satu garda terdepan bersama pemerintah dalam mengurai beragam persoalan bangsa sehingga diharapkan terus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya," harap dia.

Dikatakan, pihaknya bangga atas pengabdian guru di provinsi setempat yang turut berjasa dan membawa nama harum daerah melalui siswa-siswa berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

"Cukup banyak prestasi yang diraih siswa baik nasional maupun internasional dan keberhasilan itu tidak terlepas dari kemampuan guru yang mendidik dan mengajarkan ilmu sesuai kompetensinya," kata dia.

Sementara, Gubernur Kalsel Rudy Arifin melalui Kepala Dinas Pendidikan Kalsel Ngadimun di sela seminar mengatakan, pihaknya berterimakasih atas prakarsa IGI Kalsel yang telah menggelar kegiatan tersebut.

"Seminar yang diprakarsai IGI Kalsel ini membantu pemerintah menggali sumber daya para guru terutama dalam meningkatkan kompetensi yang seharusnya memang dimiliki setiap individu guru," katanya.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013