Dewan Pengurus Daerah (DPD) Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (Forum PLKP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar workshop pendampingan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) kursus dan pelatihan tingkat Provinsi Kalsel tahun 2019.

Ketua DPD PLKP Kalsel Joko Margono, di Banjarbaru, Sabtu (24/8), mengatakan kegiatan ini merupakan bantuan Organisasi Mitra (Ormit) dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia(Kemdikbud RI) yang dilaksanakan Forum PLKP Kalsel.

"Workshop kita lakukan dalam upaya mendukung program Pendidikan Masyarakat (Diikmas) untuk Dapodik untuk LKP-LKP yang ada di wilayah Kalsel, dan membantu mereka yang masih mengalami kendala dalam penginputan data," katanya.

Dijelaskan dia, ada 40 LKP baik operator ataupun pengelola se Kalsel yang diundang dalam kegiatan workshop sebagai perwakilan dari masing-masing daerah, dan diharapkan yang mendapatkan pelatihan dapat menyampaikan pengetahuan yang diperoleh untuk disampaikan kepada LKP lainnya di daerah.
 
Pembukaan Workshop Pendampingan Dapodik LKP (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Joko Margono Dilantik Ketua Forum PLKP Kalsel

Pengisian Dapodik juga menjadi syarat utama dalam pengajuan program bantuan pemerintah dan menjadi indikator penilaian keaktifan LKP dalam melaksanakan kursus dan pelatihan, karena Dapodik meliputi beragam aspek mulai profil LKP, data pendidik, data peserta didik, perijinan dan lainnya.

Tidak semua perwakilan LKP Kabupaten dan Kota di Kalsel dalam kegiatan ini, seperti Kabupaten Balangan yang memiliki banyak LKP dengan penginputan data yang lengkap dan bagus.

"Kabupaten Balangan kami ini nilai sudah bagus dalam keaktifan LKP-LKP di sana mengisi rutin Dapodik, dan ini tidak terlepas dari pembinaan Ketua DPC Forum PLKP Balangan Didik Haryanto dan Sekretaris DPD Forum PLKP Kalsel Slametno," katanya. 

Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BP PAUD dan Dikmas Provinsi Kalsel yang juga telah menfasilitasi terlaksananya kegiatan ini dan membuka secara resmi workshop, dan terbinanya kemitraan yang terjalin harmonis dengan Forum PLKP sebagai Ormit.
 
Workshop Pendampingan Dapodik LKP (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Video - LPK Cerika Batola gelar Program Kecakapan Wirausaha 2019

Kasi Informasi dan Kemitraan BP PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Mujianur, mengatakan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Forum PLKP dan ini juga sejalan dengan tugas dan fungsi BP PAUD dan Dikmas dalam pengembangan program, mutu dan fasillitasi di daerah.

"Kami terus melakukan pengembangan model-model terkait Dikmas begitupun pemetaan mutu, khususnya untuk LKP sejak tahun 2016, dan tahun 2019 menjadi tahun keempat sudah ada 69 satuan pendidikan LKP yang sudah dipetakan mutunya," katanya, saat membuka workshop, di Aula Deman Lehman, BP PAUD Dikmas Kalsel.

Ditambahkan dia, pemetaan mutu berdasarkan masukan dari dinas kabupaten dan kota di willayah binaan BP PAUD dan Dikmas Kalsel, dan memang tugas lembaganya dalam memfasilitasi di daerah dalam penyerapan program bantuan dari Direktorat PAUD dan Dikmas dan salah satunya melakukan penilaian terhadap pengajuan program bantuan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019