Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP)  Kharisma Banjarmasin, Joko Margono, dilantik Ketua DPP Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (FLKP) HM Ali Badarudin,  untuk menjadi Ketua FPLKP Kalimantan Selatan Periode 2017-2022.


Panitia Pelaksana Bimtek dan Pelantikan PLKP Kalsel sekaligus Pimpinan LKP Primasada Banjarbaru, Sudirwo, di Banjarbaru, Senin (21/8), mengatakan, Pelantikan Pengurus PLKP Kalsel dilaksanakan di Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas), Jalan Ambulung, Banjarbaru.

"Dewan Pimpinan Daerah (DPD) FPLKP Kalsel ke depannya akan menjalin sinergi dengan SKPD terkait baik dengan Pemerintah Provinsi Kalsel baik melalui Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi, Dinas Tenaga Kerja serta SKPD dan instansi terkait untuk kemajuan pengelolaan LKP di Kalsel,"katanya.

Dijelaskan dia, FPLKP ini menjadi sebuah wadah yang bisa mewadahi para pengelola LKP baik pimpinan, sekretaris, bendahara dan tenaga administrasi lainnya, sehingga kepengurusan lebih maksimal dan mengakomodir seluruh bidang kejuruan dari berbagai LKP.

Begitupun, menurut dia dengan dilantiknya FPLKP di Kalsel dengan kepemimpinan diketuai Joko Margono, dan Sekretaris Slametno,  menjadi harapan yang besar untuk meningkatkan peran LKP dalam menyelenggarakan pendidikan non formal atau yang biasa disebut pendidikan masyarakat, yang lebih profesional dan kompeten.

Ketua DPP FLKP HM Ali Badarudin, mengatakan, walaupun organisasi FLKP baru seumur jagung namun pertumbuhannya sudah sangat signifikan, organisasi ini merupakan mitra dari beberapa Kementerian, pelantikan pengurus PLKP Kalsel  merupakan DPD ketiga yang telah dilantik.

Ia menjelaskan, agar nantinya DPD FPLKP juga memiliki amal usaha yang dikembangkan sebagai alternatif pembiayaan organisasi sehingga DPD FPLKP dapat menjadi organisasi yang kuat dan berkontribusi nyata dalam pembangunan di daerah, saat memberikan sambutan pelantikan FPLKP Kalsel di BP PAUD dan Dikmas, di Banjarbaru, Senin (21/8) siang.

"Kita dapat mencontoh organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang bergerak di bidang keagamaan seperti Muhammadiyah dan Nahdatul Usaha yang telah dapat membangun amal usaha dari mendirikan lembaga pendidikan, rumah sakit dan lainnya, "katanya.

Ia juga mengapresiasi DPD FPLKP Kalsel yang baru dilantik telah dapat melaksanakan Bimbingan Teknis(Bimtek) dan Pelantikan, sehingga pengurus yang dilantik dapat benar-benar dapat melaksanakan amanah organisasi, dan berpartisipasi aktif dalam ikut menyukseskan program pemerintah utamanya dalam pendidikan non formal.

Kepala BP PAUD dan Dikmas Kalsel Rony Gunarso, mengatakan, menyambut baik kehadiran FPLKP di Kalsel, pihak dia siap bekerjasama dalam organisasi Mitra PLKP ini dan pengurus agar tidak segan untuk dapat memanfaatkan keberadaan BP PAUD dan Dikmas yang dipimpinnya dalam pelaksanaan kegiatan.

"Ada beberapa program yang bisa kita kerjasamakan, terakhir kita telah melaksanakan pendataaan Anak Tidak Sekolah (ATS) bersama pengelola LKP, tujuannya anak yang tidak bersekolah umur 16-21 tahun bisa kita ajak kembali bersekolah melalui Program Indosia Pintar dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) melalui kursus,"katanya.

Ketua FPLKP Kalsel, Joko Margano, mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak,  hingga acara pelantikan  dan pengukuhan Forum PLKP berjalan lancar.

Menurut dia, kedepan kepengurusannya bisa lebih bersinergi lagi antara Forum PLKP dengan lembaga mitra yang telah ada, seperti HP3KI, HIPKI, HILLSI, Forum PKBM, HISPPI,  dan lainnya,  karena tujuanya sama untuk memajukan anggotanya.

Turut berhadir dalam kegiatan ini, Kepala Seksi Kemitraan, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kemdikbud RI Purwanto, Kepala BP PAUD dan Dikmas Kalsel Rony Gunarso, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Kalsel H. Siswansyah, Walikota Banjarbaru Adhani, perwakilan Dinas Pendidikan Kalsel, pimpinan LKP se Kalsel dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017