Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan (kalsel) mengevaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Perangkat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang masih bernilai CC (skor 50-60) atau cukup baik, Rabu (21/8) di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) HST.

Ketua Tim Evaluasi SAKIP dari Sekretaris Inspektorat Provinsi Kalsel, Sulkan menyatakan, mendorong agar terdapat lompatan penilaian SAKIP Pemkab HST agar semakin meningkat.

Baca juga: Diklat SAKIP, ini pesan Gubernur Kalsel

"Semantara, nilai SAKIP Pemkab HST masih CC. Setelah kita evaluasi ini, mudah-mudahan nantinya bisa meningkat nilainya menjadi BB," harap Sulkan seraya menekankankan bahwa pihaknya terlebih dahulu melakukan review SAKIP Perangkat Daerah dalam tahapan proses evaluasi SAKIP.

Karena itu pula, pihaknya fokus untuk melakukan review SAKIP perangkat daerah sebelum benar-benar melakukan evaluasi.

Baca juga: DPRD pertanyakan nilai SAKIP Kotabaru

"Kita cek apakan cascading atau proses penjabaran dan penyelarasan sasaran strategis sudah benar-benar berkualitas atau belum," katanya.

Selain itu, tambah Sulkan, yang utama pula, apakah Indikator Kinerja Utama (IKU) sudah benar relevan dengan program dan kegiatan tepat sasaran.

Baca juga: Nilap Sakip masih CC, Bupati Kotabaru datangi Kemenpan-RB

"Harus dapat dipastikan, bahwa setiap tujuan sasaran dari program dan kegiatan setiap perangkat daerah memiliki indikator terukur relevan yang harus cukup," ujarnya.

Saat itu evaluasi dibagi tiga Desk dan pemaparan berupa cascading atau pohon kinerja untuk perencanaan tahun anggaran 2020 dilakukan secara bergiliran oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab HST.

Baca juga: Penerapan SAKIP secara ekstrem bisa ciutkan jumlah SKPD

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten HST, H Noriyono menyatakan bahwa tujuan evaluasi SAKIP adalah untuk membantu OPD di Kabupaten HST, agar bisa membuat acuan indikator kinerja utama yang benar dan akurat.

"Harapannya terjadi peningkatan penilaian SAKIP Pemkab HST dari CC ke BB," ujarnya.

Baca juga: HST akan gelar Parisj Van Borneo festival, catat tanggalnya
Baca juga: Abu Yazid bakal maju menjadi calon kepala daerah HST jalur independen
Baca juga: Save Meratus dikampanyekan depan Istana Merdeka Jakarta

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019