Gerakan pramuka di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menghayati dan memaknai semangat kemerdekaan dengan melaksanakan kirab dan gelar senja.

Kegiatan yang digagas gugus depan pramuka SMAN 1 Amuntai ini diisi dengan kegiatan senam poco poco, tarian daerah, pembacaan proklamasi massal, menyanyikan lagu kebangsaan dan puisi kolosal.
 
Tamoilkan tari tradisional. (Eddy Abdillah)

"Kita juga ingin generasi muda yang bergabung dalam gerakan pramuka bisa menghayati makna kemerdekaan dan menanamkan sikap patritik dan cinta tanah air melalui kegiatan ini," ujar Ketua Pembina Pramuka SMAN 1 Anita Rusvarina di Amuntai, Jum'at.

Anita mengatakan, Hari Pramuka ke 58 yang dilaksanakan 14 Agustus beriringan dengan HUT Proklamasi kemerdekaan sudah sewajarnya jika anggota gerakan pramuka memaknai kedua moment untuk meningkatkan kecintaan terhadap tanah air.

Dikatakan, sesuai kurikulum 2013 para siswa diwajibkan ikut dalam gerakan kepramukaan.

"Kegiatan pramuka untuk melatih karakter dan disiplin" kata Anita.
 
Senam poco-poco bersama. (Eddy Abdillah)

Ketua Ambalan Putri SMAN 1 Amuntai Rosiana juga berharap, dengan adanya kegiatan bisa menambah minat siswa yang berlum bergabung dalam gerakan pramuka untuk bergabung.

Adanya kegiatan kirab dan gelar senja  gudep SMAN 1 Amuntai di kawasan patung itik Amuntai ini menambah meriah jelang Upacara peringatan HUT proklamasi kemerdekaan 17 Agustus.

Beberapa lomba olahraga juga digelar panitia peringatan HUT Kemerdakaan Kabupaten HSU seperti lomba dayung, petanque, catur dan lainnya.

Baca juga: Perkumpulan Juken se Kalsel gelar pertemuan di Amuntai
Baca juga: Bank Kalsel tertinggal jika tidak mengembangkan dua strategi
Baca juga: Bank Kalsel Bantu Sekolah Dasar Rp20 Juta dan Biaya Pendidikan

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019