Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69  Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2019 dimeriahkan sejumlah hiburan dan pertunjukan ditampilkan mulai theater musical hingga sinoman hadrah kolosal, di lokasi eks Kantor Gubernur Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman, Kilomenter Nol Banjarmasin, Rabu (14/8).

Menariknya, gelaran akbar itu dihadiri Menteri Pariwisata (Menpar) RI  Arief Rahman. Didampingi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Wagub H Rudy Resnawan Menpar RI, bahkan mendapat kesempatan untuk menyampaikan pidato terkait keberadaan dan pengembangan kepariwisataan di Kalsel.

Acara dihadiri para anggota Forkopimda Provinsi Kalsel, para pejabat hingga para bupati/walikota se-Kalsel termasuk Bupati Barito Kuala (Batola) Noormiliyani AS.

Bupati perempuan pertama di Kalsel tersebut  hadir lebih pagi. Dia tampil tampak anggun dengan mengenakan sasirangan motif loreng kuning, biru, hijau dipadu hijab warna kuning serta bawahan hitam.

Anak Gubernur Kalsel periode 1963-1969 almarhum Aberani Sulaiman ini hadir bersama para anggota Forkopimda dan jajaran pejabatnya.

Puncak Peringatan Harjad Prov Kalsel kali ini benar-benar menjadi momen istimewa bagi masyarakat banua, mengingat sajian yang ditampilkan seakan tak habis-habisnya.

Mulai menampilkan tarian daerah kolosal dengan pakaian adat berbagai kabupaten/kota hingga penyajian teater yang menggambarkan kehidupan masyarakat Kalsel yang kental kehidupan sungainya.

Baca juga: Lomba balap becak kayuh meriahkan HUT Kemerdekaan RI

Pertunjukan yang tak kalah menyedot perhatian yaitu dengan ditampilkannya tarian sinoman hadrah kolosal.

Tarian ini tak saja diikuti kelompok group tari yang jumlahnya ratusan, namun juga melibatkan para pengunjung hingga kelompok-kelompok masyarakat yang berada di beberapa tempat seperti di tongkang, dermaga siring Kilometer Nol, kelotok dan pujuk-pujuk lainnya.

Di sela acara, masyarakat sering dikejutkan dentuman meriam yang membuat suasana semakin semarak.

Panitia sengaja menghadirkan tiga buah meriam berukuran besar untuk menambah kesemarakan acara.

Di tengah-tengah berlangsungnya pesta, para pengunjung disuguhkan makanan gratis di kawasan siring titik Nol Kilometer Banjarmasin.

Suguhan gratisan itu disumbang SKPD lingkup Pemprov Kalsel serta kabupaten/kota masing-masing mulai 500 hingga 1000 porsi.

Baca juga: Lomba mewarna dan fashion show anak meriahkan HUT RI di Barabai

Untuk kebutuhan makan panitia menyediakan sedikitnya 140 stand dengan  menu yang disajikan mulai darai ketupat, lontong, nasi kuning, sate, gado-gado, rawon, hingga aneka wadai khas Banjar.

Peringatan HUT Harjad Provinsi Kalsel kali ini juga didukung berbagai pihak seperti pihak Hotel Treepark, Rodhita, Aston, Nasa dan lainnya dengan menyediakan aneka makanan serta snack.

Untuk penyajian makanan, bagi kabupaten/kota disiapkan 20 stand ditambah pedagang asongan. Guna membuat rapi stand, 140 stand yang tersedia dibagi dua masing-masing 70 stand berada di Jalan Jenderal Sudirman Nol Kilometer dan 70 stand lagi berada di Jalan Piere Tendean.

Selain makanan, kabupaten/kota juga diminta menyediakan bodybag sebanyak 2.000 per kabupaten/kota guna dibagikan kepada para tamu yang berisi souvenir, majalah dan diisi Kalsel Expo dan aneka lomba lainnya.

Baca juga: Ratusan bikers meriahkan HUT ke 44 Indocement
 
Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS menghadiri Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Provinsi Kalimantan Selatan) 2019, di lokasi eks Kantor Gubernur Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman, Kilomenter Nol Banjarmasin, Rabu (14/8).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019