Kesebelasan sepak bola dari Desa Palajau, Kecamatan Pandawan berhasil menjadi juara pertama Liga Desa Nusantara se Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) setelah berhasil mengalahkan tim dari Desa Kayu Rabah dengan skor 1-0 di lapangan sepak bola Desa Wawai Gardu, Kecamatan Batang Alai Utara.

Ketua Panitia dari Askab PSSI HST, Rudi Aspian Noor menyampaikan, Liga Nusantara tersebut berlangsung dari tanggal 25 hingga 31 Juli 2019. Merupakan program dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia yang bekerjasama dengan PSSI.

Baca juga: 74 club bola se-Banua Anam ikuti turnamen Manuntung Cup

Menurutnya, ada 18 desa yang mengikuti pertandingan yang semuanya gratis, baik pendaftaran maupun menonton. Karena tujuannya adalah untuk mencari bibit-bibit pemain berprestasi di daerah-daerah terpencil.

"Persyaratan mengikuti juga harus warga asli di desa setempat sesuai KTP dan usia maksimal 19 Tahun," katanya.

Jadi, pertandingan tersebut benar-benar bertujuan mencari bakat hingga ke daerah pelosok yang pemenangnya akan mewakili HST di tingkat Provinsi dan berjenjang hingga nasional.

Baca juga: Dana Hibah KONI HST senilai Rp1,1 Millar siap dicairkan

"Kegiatan ini juga sangat positif bagi para pemuda di desa, dengan bakat mereka, siapa tahu nanti ada club besar yang merekrut mereka," katanya.

Bagi daerah, juga sangat berguna untuk persiapan mencari pemain untuk seleksi Kejurprov untuk cabang olahraga sepak bola.

Baca juga: Rombongan terakhir calon jemaah haji HST diberangkatkan

Ketua KONI HST, Yajid Fahmi menambahkan, sangat mengapresiasi kegiatan, karena bisa melihat potensi-potensi anak muda di desa.

"Mudah-mudahan ajang ini berlanjut setiap tahun, agar desa-desa yang ada di HST mempunyai motivasi menyiapkan para anak mudanya untuk berkompetisi dan lahir bakat-bakat baru yang dapat mengharumkan nama baik daerah," harapnya.

Baca juga: Serap aspirasi di desa guna tentukan kebijakan sebelum memimpin HST
Baca juga: Bertemu pedagang Barabai, H Zanie sepakat perlunya tinjau ulang perparkiran
Baca juga: H Zanie siap jadikan HST pusat kota se-Banua Anam

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019