Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Eny Apriyati Darmawan Jaya mengikuti sosialisasi terkait penularan HIV/AIDS sebagai salah satu upaya mencegah penularan penyakit kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sangat penting karena menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait pencegahan penularan HIV/AIDS juga hepatitis dan sifilis," ujarnya saat membuka sosialisasi, Senin.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bapelkes Banjarbaru itu juga diisi bakti sosial kelas ibu hamil dan senam hamil dalam rangkaian peringatan hari jadi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-68.

Ia mengatakan, masa depan suatu bangsa tergantung keberhasilan dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal pada anak termasuk pencegahan penyakit HIV/AIDS.

"HIV/AIDS merupakan penyakit menular sehingga harus diambil tindakan pencegahan. Salah satunya mencegah penularan dari ibu ke anak (PPIA) terutama bagi ibu hamil di Banjarbaru," ujarnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rusmadi mengatakan,  tujuan sosialisasi adalah mencegah penularan HIV/AIDS, Hepatitis B dan Sifilis dari ibu ke anak.

"Tujuan lainnya, menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat penyakit itu dan meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu hamil tentang penularan penyakit triple eliminasi," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019