Sebanyak 2611 pelajar sekolah dasar.di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan mengikuti kegiatan Khattam massal di Mesjid Raya At Taqwa Amuntai.

"Seringnya kegiatan Khattam Quran seperti ini menunjukan tingginya kesadaran dan tanggung jawab para orang tua terhadap pendidikan agama ,”ujar Kepala Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara HSU H.Yusran di Amuntai, Rabu.

Yusran mengatakan, langkah yang diambil para orang tua untuk memberikan pendidikan membaca Al Qur“an sejak usia dini sudah sangat tepat karena berikutnya anak-anak bisa mempelajari lebih dalam dan fokus menghapal tahfiz Al Qur“an.

Setelah Khattam Qur“an, kata Yusran, kepada anak-anak juga bisa.diajarkan untuk menghayati isi kandungan Al Qu“an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang Muslim dan Muslimah.

Membiasakan anak membaca.dan mempelajari Al Qur“an juga sebagai upaya membentengi mereka dari pengaruh hal-hal negatif seperti pergaulan bebas, pornografi dan peredaran obat terlarang.

Staf ahli Syahrul Rahmadi yang mewakili bupati membuka kegiatan Khattam Massal sangat mengapresiasi atas maraknya kegiatan khattam Qur“an didaerahnya.

”Anak yang sudah khattam Qur“an akan membanggakan orang tua karena bacaan kitab suci Umat Islam ini merupakan Firman Allah SWT yang menjadi cahaya bagi keluarga di dunia.dan akherat, ” katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua PKK Hj Anisah Rasyidah Wahid yang pada kesempatan itu  menyerahkan secara simbolis sertifikat Khattam Qur“an kepada perwakilan pelajar.

”Kita berharap para orang tua tidak luntur perhatiannya pada pendidikan agama khususnya mengajarkan membaca dan mengamalkan Ajaran Al Qur“an dalam kehidupan sehari-hari,” kata Anisah.

Anisah menegaskan, Al Qur“an dan hadist merupakan pedoman dan petunjuk bagi manusia untuk menggapai kebahagian hidup di dunia dan akherat, sehingga wajar jika pendidikan Al Quran dibekalkan pada anak-anak.

Kegiatan Khattam massal ini turut dihadiri Ketua MUI HSU, pejabat dari Polres HSU, Kodim  1001 Amuntai/Balangan serta para orang tua murid dan guru dari berbagai sekolah dasar.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019