Sebanyak 310 orang Calon Jemaah Haji (Calhaj) mengikuti pembukaan bimbingan manasik haji Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang dibuka secara langsung Bupati HSS H Achmad Fikry yang didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten HSS H.Saribbudin, di Kandangan, Rabu (12/6), mengatakan jumlah Calhaj tahun ini berjumlah 311 orang, yang terdiri dari 138 orang laki-laki dan perempuan 173 orang, namun dikarenakan salah satu telah meninggal dunia sehingga jumlah yang ada sekarang hanya tersisa 310 orang,

 "Data usia tertua salah satu calon haji ada satu orang dengan usia 91 tahun yang berasal dari Desa Hamayung, Kecamatan Daha Utara, sedangkan usia termuda juga satu orang yang berasal dari Jalan Bukhari, Kecamatan Simpur dengan usia 18 tahun 6 bulan," katanya.

Baca juga: Pemkab HSS Fasilitasi Keberangkatan dan Penjemputan Calhaj
Dijelaskan dia, keberangkatan calhaj HSS terbagi menjadi dua kloter, kloter satu akan diberangkatkan tanggal 8 Juli nanti, sedangkan kloter dua yang merupakan kloter gabungan, hingga saat ini belum ada pemberitahuan secara resmi.

Bupati HSS  H Achmad Fikry, mengatakan tugas pemerintah daerah nantinya adalah mengantarkan calhaj ke Embarkasi, dan menjemput kembali setelah mereka datang dari tanah suci Mekah nantinya.

Menurut dia, agar calhaj setelah datang dari menunaikan ibadah haji bisa menjadi duta dalam memakmurkan masjid dan langgar di daerah masing masing, karena hal demikian merupakan upaya bersama menuju kesejahteraan dunia dan akhirat, sesuai visi dan misi Pemkab HSS.

Baca juga: Pemkab HSS gelar pelepasan Jemaah Calon Haji


"Kepada para Pegawai Negeri Sipil yang juga melaksanakan ibadah haji, kami  harap agar tetap mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, yang artinya dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya, tetap mengutamakan orang lain terlebih dahulu," katanya.

Turut berhadir, Forkopimda, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), wakil ketua MUI, pimpinan Bank BRI dan BNI Cabang Kandangan, serta Tim Petugas Haji Daerah (TPHD), petugas kloter, dan para pembimbing manasik haji Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019