Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalimantan Selatan, menggelar media workshop dan buka puasa bersama yang diikuti perwakilan pimpinan media di provinsi setempat, Senin. 

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya mensqqqosialisasikan BPK yang berperan mengawasi dan memeriksa keuangan negara apabila terjadi penyimpangan," ujar Kepala BPK Perwakilan Kalsel Tornanda Syaifullah di Banjarbaru, Senin. 

Dijelaskan, BPK merupakan lembaga tinggi negara yang diberikan tugas mulai dari mengawasi, memeriksa, dan mengungkap penyimpangan keuangan negara baik dilakukan oleh oknum maupun lembaga. 

Ditekankannya, BPK harus mengetahui penggunaan uang negara kemudian disimpan dimana dan digunakan untuk apa sehingga setiap uang negara memiliki kejelasan baik dari sisi manfaat maupun hasilnya.

"Jika digunakan sesuai prosedur dan tidak ada penyimpangan maka tidak masalah, tetapi apabila ditemukan dugaan penyimpangan sekecil apa pun maka BPK memiliki kewajiban memeriksanya," ucap dia. 

Dikatakannya, BPK memiliki tiga nilai dasar yakni membangun integritas dengan bersikap jujur, objektif dan tegas menerapkan prinsip dan nilai keputusan serta menjunjung tinggi independensi dan profesionalisme.

"Sistem kerja BPK seperti melakukan pemeriksaan keuangan negara, hasilnya diserahkan kepada DPR dan DPRD, melaporkan ke aparat penegak hukum jika ada unsur pidana hingga memantau tindak lanjut hasil pemeriksaan," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019