Kondisi penumpang arus balik di Terminal Induk Stagen, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan hingga saat ini masih relatif stabil.

Petugas loket bus antarkota dalam provinsi (AKDP) Pani, di Kotabaru, Jumat, mengatakan, sampai hari ini jumlah penumpang yang naik dan turun di Terminal Stagen masih seperti hari-hari biasa.

"Diperkirakan jumlah penumpang akan meningkat mulai 30 Mei, atau H-6 Idul Fitri," katanya.

Seperti pada tahun lalu, jumlah penumpang akan melonjak pada H-5 hingga hari "H" Idul Fitri.

Itu pun saat itu kondisi ekonomi di Kotabaru masih relatif baik, banyak perusahaan yang beroperasi, sehingga menjelang Lebaran banyak karyawan yang mudik pulang ke kampung halamannya.

Tidak seperti akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya, sehingga tidak menutup kemungkinan calon penumpang juga tidak sebanyak tahun-tahun lalu.

Sepinya ekonomi, menurut sejumlah pengusaha transportasi, dapat dilihat dari banyaknya karyawan perusahaan yang dirumahkan.

Hal itu membuat usaha transportasi secara tidak langsung juga terpengaruh jumlah penumpang berkurang. Bahkan yang biasanya di terminal kursi bus penuh saat berangkat, kini kurang dari 50 persen saja yang terisi.***1***


 

Pewarta: Ih

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019