Ratusan peserta mengikuti pesantren Ramadhan di Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan yang dilaksanakan oleh pengelola masjid tersebut. 

Kegiatan yang diikuti 280 peserta dan dilaksanakan selama tiga hari sejak Sabtu (18/5) hingga Senin (20/5) di ruang induk masjid itu, dibuka Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah.

"Kami menyambut baik pesantren Ramadhan ini karena sejatinya kita memang harus mengisi bulan suci dengan kegiatan bermanfaat dan menambah ibadah yang dijanjikan berlipat ganda," ujar sekda. 

Ia mengingatkan, generasi muda harus bisa menggunakan waktu dan menghargai sebaik baiknya, jangan lewatkan masa muda kalian dengan sesuatu yang tidak bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Diharapkan, seluruh peserta yang mengikuti pesantren ramadhan ini dapat memiliki pondasi kuat untuk mempersiapkan masa depan yang akan lebih menguatkan ilmu agama dan keimanan diri masing masing.

"Tujuan akhirnya adalah tercipta generasi yang memiliki akhlak baik dan di bulan Ramadhan ini kita harus menjadi pribadi yang lebih baik dari ramadhan sebelumnya dan selalu mengalami peningkatan," pesannya. 

Ketua pelaksana Faturida Said mengatakan, kegiatan bertujuan mengisi bulan Ramadhan dengan hal-hal positif disamping membina dan mengarahkan generasi muda memperdalam ilmu agama. 

"Kegiatan diisi dengan tadzkirah, mudzakarah dan pembelajaran bagi peserta dan generasi muslim guna meningkatan pengetahuan dan wawasan islam serta kompetensi di bidang keagamaan," ujarnya. 

Selain itu, juga lomba Islami melalui semangat Fastabiqul khairat yaitu optimistis berlomba dan berpacu dalam hal kebaikan yang ditanamkan pada peserta sehingga tertanam jiwa kompetitif bagi generasi muslim.

"Ada tiga lomba yang digelar yakni cerdas cermat rangking 1, lomba tahfizh dan tahfizah Al Qur’an dan lomba Da’iyah, khataman massal untuk SLTP dan SLTA sederajat yang diikuti seluruh peserta," katanya.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019