Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry mengatakan buka puasa bersama di Bulan Ramadhan menjadi wahana yang tepat untuk mengukuhkan silaturrahmi antar sesama elemen masyarakat di HSS, terutama dimasa-masa politik saat ini.

Ia mengatakan,ibarat sebuah rangkaian tali, buhul silaturrahmi harus bisa dijaga, dan tautan kebersamaan ini harus dipelihara untuk menjaga persatuan dan kesatuan antar elemen masyarakat.

"Moment bulan Ramadhan ini sangat tepat untuk kita memupuk kebersamaan, agar terus menerus tetap terjaga dengan baik." katanya, saat memberikan sambutan dalam kegiatan buka puasa bersama di Pendopo Kabupaten, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bupati HSS ingatkan para pedagang kuliner mengolah makanan sehat dan aman

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan Pemilu 2019 di HSS dengan relatif lancar dan aman, sehingga kondisi daerah ini tetap kondusif pasca pemilu.

Apresiasi yang tinggi khususnya diberikannya kepada KPU, Bawaslu dan aparat Kepolisian di daerah ini dan yang mebuat bangga untuk Pleno KPU Tingkat Kabupaten, KPU HSS menjadi pertama merampungkannya di Kalimantan Selatan.

Sementara untuk kepolisian, Polres HSS yang pertama melaksanakan Deklarasi Damai pasca pemilu dan sebagai pembina politik di kabupaten Bupati HSS mengharapkan kondisi ini tetap terjaga sehingga HSS selalu menjadi daerah yang damai dan kondusif.

KH Mochyar Dahri dalam tausiyahnya menyampaikan, puasa yang dilaksanakan adalah sebagai media latihan bagi setiap pribadi muslim dalam mengendalikan nafsunya.

Baca juga: Pemkab HSS akan canangkan program Lansia Asuh

"Sebagai sunnatullah dan salah satu ciptaan Allah, nafsu tidak bisa dimusnahkan dan akan tetap ada sampai akhir zaman, dan ini merupakan kendaraan syaitan yang utama," katanya.

Menurut dia, tinggal masing-masing pribadi yang harus mengendalikannya, agar sesuai dengan tuntunan agama dan salah satu cara untuk mengendalikan nafsu dan mempersempit ruang gerak syaitan adalah dengan puasa. Dan puasa adalah sebagian dari bentuk ketaatan kepada Allah SWT dalam mencapai derajat taqwa.

Turut hadir, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS H. Ahmad Fahmi, Forkopimda HSS, Kepala Kemenag Kandangan H Saribuddin, para Danramil dan Kapolsek serta undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019