Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry, M.AP membuka secara resmi Pasar Ramadhan Tahun 1440 Hijriah, yang ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati oleh Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj.Isnaniah Achmad Fikry, di Dermaga Negara Daha Selatan.

Ia mengatakan, kepada para pedagang diingatkan untuk tidak menggunakan zat-zat yang tidak diperkenankan secara kesehatan dalam mengolah kuliner yang dijual, sehingga ini bisa aman dikonsumsi oleh masyarakat kita.

"Kepada masyarakat di Negara agar memanfaatkan pasar Ramadhan yang ada untuk memenuhi keperluan rumah tangganya untuk berbuka puasa dan lain-lain, selain itu diharapkan UMKM kita melalui pedagang bisa terus berkembang," katanya, saat memberikan sambutan membuka pasar Ramadhan, Senin (6/5) sore.

Kepala Dinas Perdagangan HM Sufiani (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: ASN HSS dilarang gunakan tabung LPG 3 Kg

Dijelaskan dia,  pasar Ramadhan ini bisa mempermudah masyarakat untuk membeli keperluaan berbuka puasa dan keperluan-keperluan yang lainnya dan dimulai pasar ramadhan, kalau memang perkembangannya bagus maka ke depan diperluas sampai ke pelataran pelabuhan sehingga bisa terkumpul di sana.

Ia juga bersyukur, situasi dan kondisi masih bagus dihari pertama bulan ramadhan walaupun di pasar ada kenaikan harga bawang merah, bawang putih, gula putih, beras lokal. Untuk itu ia meminta Dinas Perdagangan apabila harga gula terus meningkat maka akan dilakukan operasi pasar bagi masyarakat yang tidak mampu.

Kepala Dinas Perdagangan H.M.Sufiani, mengatakan pembukaan Pasar Ramadhan ini bekerjasama dengan BPK Tumbukan Banyu dengan jumlah stand sebanyak 20 buah dan selebihnya disediakan BPK Tumbukan Banyu.

Menu kuliner yang dijual beragam dari kue tradisional seperti roti tawar khas Negara, bingka, lumpur surga, hamparan tatak, kerupuk Haruan, serta beragam menu ikan dan sayur.

“Insya Allah kue yang disajikan tidak mengandung bahan berbahaya, borax, pemanis buatan, formalin, dan lain sebagainya,” katanya, saat menyampaikan laporan pembukaan pasar Ramadhan.

Pembukaan pasar Ramadhan di Pasar Negara (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS gelar pasar murah jelang Ramadhan

Dijelaskan dia, pasar negara setiap tahun semakin padat dengan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan tahun 2018 ini Dinas Perdagangan membuat kanopi sehinga bisa menampung PKL. Selain itu, tahun ini dibangun lagi satu kanopi di blok B yang bisa menampung 33 PKL.

Disela peninjauan sekaligus berbelanja, Bupati HSS dan Istri membawa dan menggunakan tas belanja anyaman, dengan tujuan untuk mengajak warga masyarakat ketika berbelanja ke pasar agar membawa bawalah tas sendiri dan ini juga dalam rangka mengurangi banyaknya sampah plastik.

Turut hadir, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten HSS H.Hubriansyah, para Kepala SKPD, para Camat di Wilayah Daha, para ketua Organisasi Wanita di Kabupaten HSS, para kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat wilayah Daha.

Pembukaan pasar Ramadhan di Pasar Negara (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019