Kantor Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melakukan pemeriksaan makanan dipasar takjil yang ada di "Bumi Bersjud" untuk menjamin keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat.

Kepala Loka POM Kabupaten Tanah Bumbu, Tri Wandiro, di Batulicin, mengatakan, selama pemeriksaan dibeberapa pasar takjil yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru tidak ditemukan bahan berbahaya yang terkandung di dalam makanan dan minuman tersebut.

"Di dalam pemeriksaan ada empat parameter bahan berbahaya yang diuji pada makanan dan minuman yang dijajakan oleh para pedagang, diantaranya kandungan formalin, rhodamin B, borax dan methanil yellow," katanya.

Dia mengatakan, secara keseluruhan total sampel yang diuji sebanyak 60 jenis makanan dan minuman dan semuanya tidak ditemukan mengandung bahan berbahaya.

Selain memberikan pengujian terhadap makanan dan minuman, petugas Loka Pom juga memberikan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) tentang dampak penggunaan bahan berbahaya terhadap kesehatan.

Pengawasan ini akan terus dilakukan selama mamasuki Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah untuk menjamin masyarakat bahwa makanan dan minuman yang dijajakan oleh para pedagang benar-benar aman.

Pasar takjil yang diadakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu merupakan event rutin yang diadakan setiap bulan ramadhan.

"Kami menghimbau kepada seluruh pedagang makanan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru agar tidak mengunakan bahan berbahaya dalam pengolahan makanan dan minuman yang dijual," katanya.

Selain itu Loka Pom juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih pangan sebelum dikonsumsi.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019