Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan  dipimpin Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel H Gusti Syahyar melakukan penilaian ke Desa Pantai Hambawang Kecamatan Mandastana, Barito Kuala, Selasa (7/5).


Sebagaimana diketahui, Desa Pantai Hambawang terpilih mewakili Batola pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2019.

Gusti Syahyar mengatakan,  tujuan dilaksanakannya lomba desa untuk menjadikan tolok ukur perkembangan suatu desa dengan aspek penilaian meliputi kepemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan sesuai yang diatur pada Kemendagri No.81/2015.

“Pada hakekatnya lomba desa ini untuk mempercepat tercapainya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Dia  menyatakan indikator yang dinilai meliputi pendidikan, kesehatan, ekonomi, lembaga pemberdayaan masyarakat, keamanan dan ketertiban, pemerintahan desa, partisipasi masyarakat dan 10 program pokok PKK.

Sementara itu, Wabup Rahmadian Noor berharap, even lomba desa dapat memberikan dampak nyata dan berkesinambungan dalam upaya mewujudkan pembangunan desa yang kian maju dan sejahtera.

Terhadap warga Desa Pantai Hambawang, wabup berpesan, untuk menjadikan perlombaan tersebut sebagai momen melihat sisi-sisi yang masih perlu perbaikan dan pembenahan atas yang sudah dikerjakan selama ini.

“Apa pun hasil penilaian hendaknya dijadikan sebagai penyemangat untuk terus berusaha memacu berbagai kebijakan yang telah dijalankan dan disepakati bersama,” harapnya.

Menyingung tentang perlombaan desa yang dilaksanakan, menurut wabup, tentunya menjadi bagian upaya pemerintah untuk membangun kemandirian desa dalam rangka mendukung percepatan kemajuan pembangunan daerah yang sekarang lebih dititikberatkan pada pencapaian kemajuan pembangunan di perdesaan.

Melalui kegiatan tersebut, lanjut wabup, semakin memotivasi aparatur pemerintahan desa bersama warga untuk lebih meningkatkan peran dan partisipasi aktif dalam mengelola dan membangun desa secara mandiri secara bersama demi tercapainya kemajuan pembangunan dan kesejahteraan.

Acara penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalsel di Batola  dirangkai pemberian sembako kepada para lansia oleh Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor.

Acara itu juga dihadiri  Kadis PMD Batola Dahlan, Camat Mandastana Dahtiar Fajar beserta isteri serta para anggota Forkopimcam, para pengurus PKK kabupaten, kecamatan dan desa setempat.

Penilaian lomba desa tersebut dibuka Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor,  di halaman Kantor Desa Pantai Hambawang.

Kehadiran tim disambut tarian, bahkan Wabup Rahmadian Noor dan Kadis PMD Provinsi Gusti Syahyar diusung sebagai tanda penghormatan atas kesediaan kehadirannya.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019