Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta bertekad Kabupaten Tanah Laut mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak Madya pada tahun 2019.


“Penilaian dan verifikasi dari pusat akan berlangsung beberapa saat lagi, sehingga seluruh pihak terkait  dapat berkerjasama agar Kabupaten Tanah Laut dapat meraih gelar kembali sebagi Kabupaten Layak Anak kembali,”ujarnya, pada rapat koordinasi lintas sektoral dalam menghadapi penilaian dan verifikasi untuk Kabupaten Layak Anak tahun 2019,  di Aula Dinas P2KBP3A Tanah Laut,  Kamis (2/5).

Pada tahun 2018 lalu, menurut dia,  Kabupaten Tanah Laut  menjadi Kabupaten Layak Anak dengan status Utama dan di tahun 2019 kembali menargetkan Kabupaten Tanah Laut  mendapat predikat Madya.

“Kalau tahun lalu kita mendapat predikat utama, sekarang kita targetkan untuk madya,”tegasnya.

Sukamta juga mengingatkan,  seluruh peserta rapat dari SKPD dan institusi lain harus benar-benar memperhatikan dan memenuhi hak-hak anak.

Selain itu,  Sukamta mengaku,  persiapan Kabupaten Tanah Laut untuk tahun 2019  cukup matang karena saat ini  di daerah tersebut sudah memiliki sekolah layak anak, Puskesmas layak anak, Perpustakaan layak anak dan lainnya.  

Saat ini, terang dia, beberapa tempat pelayanan publik terdapat tempat bermain ramah anak dan ruang untuk menyususi bagi ibu dana anak.

Lebih lanjut dia mengemukakan,  pihaknya sudah menerbitkan Peraturan Bupati No. 4/2019 untuk program percepatan kabupaten layak anak, sehingga seluruh SKPD bisa ambil bagian didalamnya.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019