Sebanyak 10 warga binaan perempuan di Rumah Tahanan (Rutan) kelas 2B Rantau mendapatkan pemeriksaan tes Iva  dan deteksi kanker payudara. Melalui pemeriksaan payudara sendiri (Sadanis ). Selasa (30/4).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rutan Rantau di Hadiri oleh Kapala Rutan Rantau Batara Hutasoit , Ketua TP PKK Kecamatan Tapin Utara, Endang Qomariah , diundang oleh Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ) Kabupaten Tapin, dan diikuti oleh Puskesmas Tapin Utara.

Kepala Rutan kelas 2B Rantau, Batara Hutasoit meminta terima kasih atas perhatian pemerintah Kabupaten Tapin terhadap kesehatan warga binaannya.

"Terima kasih atas perhatian pemerintah Kabupaten Tapin kepada warga binaan kami untuk menghindari kanker servik ," katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Tapin Utara menjelaskan tentang uji Iva untuk meminta pertimbangan kanker servik terhadap wanita.

"Mengambil tes iva ini sebagai pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama yang dikeluarkan kanker rahim," katanya.

Endang berharap Kegiatan ini dapat mencegah kanker serviks dini dan jika ada yang ditemukan kanker servik , ke depan akan dilakukan tindakan lanjutan.

"Jika ada temuan, akan langsung kita ikuti lanjuti," katanya.



 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019