Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengklaim menguasai enam kursi dari 45 kursi di DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan berdasarkan perolehan suara pada Pemilu 2019 ini.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Banjarmasin HM Yamin di Banjarmasin Kamis mengatakan,  berdasarkan hasil perhitungan suara data CI hingga saat ini, yang dilakukan oleh partainya, rata-rata caleg peserta Pemilu dari Gerindra masing-masing daerah pemilihan berhasil meraih kursi DPRD.

Bahkan, tambah dia,  untuk daerah pemilihan (Dapil) dua yakni Banjarmasin Utara, pihaknya yakin dapat meraih dua kursi, karena total suara yang diraih Gerindra di atas 10 ribu.

"Jadi di Dapil Banjarmasin Utara itu, kita dapat menambah satu kursi lagi," katanya.

Selain Banjarmasin Utara, Banjarmasin Barat, juga berpotensi  meraih dua kursi, karena perolehan suara sementara di daerah tersebut, diperkirakan sudah melebihi satu kursi.

"Kalau berhasil dapat dua kursi di Dapil Banjarmasin Barat ini, maka kita bisa meraih tujuh kursi dewan, semoga saja bisa demikian," tuturnya.

Dari lima Dapil di ibu kota provinsi ini, ujarnya, semua sudah dipastikan terisi keterwakilan untuk di DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024.

"Sebelumnya di Banjarmasin Tengah dan Banjarmasin Timur kami tidak memiliki wakil legislatif,  pada Pemilu 2019 ini berhasil didapatkan," ucapnya.

Sehingga, tambah dia, perolehan kursi dewan paa Pemilu 2019 dipastikan melonjak tajam dibanding Pemilu 2014 yang hanya bisa meraih tiga kursi dewan, kini bisa mencapai enam kursi bahkan berpotensi lebih.

"Peningkatan perolehan kursi dewan pada Pemilu ini memang tidak terlepas dari partai Gerindra  mendukung partai pengusung Capres dan Cawapres nomor 02, H Prabowo Subianto dan H Sandiaga Salahuddin Uno," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, hasil perhitungan sementara, Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menang cukup signifikan dibanding dari Capres dan Cawapres nomor 01, yakni, H Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin.

Banyaknya peroleh kursi Gerindra tersebut, pihaknya yakin akan mampu menduduki salah satu kursi pimpinan dewan periode 2019-2024.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019