Sebanyak 1.688 orang siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik yang mandiri maupun menumpang di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimulai dengan mata ujian pelajaran Bahasa Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik)  HSS Nordiansyah melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan SMP Ismail, di Kandangan,  Senin (22/4), mengatakan UNBK digelar selama empat hari dari tanggal 22 hingga 24 April 2019 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Dihari pertama UNBK secara umum berjalan dengan lancar, tidak ditemui kendala yang berarti dan kami telah berkoordinasi dengan PLN untuk memastikan agar selama ujian tidak ada pemadaman listrik, termasuk penyedian genset dan tenaga teknisnya," katanya.
Pelaksanaan UNBK SMP di Kabupaten HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: UNBK SMP HSS alami gangguan server dan internet

Dijelaskan dia, memang ada satu sekolah penyelenggara UNBK yakni SMPN 4 Kandangan yang mengalami keterlambatan koneksi dan UNBK baru bisa dimulai pukul 08.25 setelah jaringan internet yang digunakan dapat sinkron dengan server.

Untuk antisipasi siswa yang bertempat tinggal jauh dari lokasi UNBK, seperti dari SMPN 2 Loksado yang mengikuti UNBK di SMAN Kandangan selama empat hari ujian mereka menginap  di rumah keluarga yang ada di Kandangan.

Namun ke depannya direncanakan tahun 2020 pihak Disdik HSS akan menyediakan komputer di SMPN 2 Loksado, sehingga siswa tidak lagi menumpang mengikuti UNBK di sekolah lainnya atau mandiri.
 
Pelaksanaan UNBK SMP di Kabupaten HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: 34 SMP di HSS laksanakan UNBK

Disdik HSS kembali menyiapkan 14 sekolah sebagai lokasi pelaksanaan UNBK jenjang SMP dari total 37 SMP di Kabupaten HSS, lokasi tersebut antaralain, SMPN 1 Kandangan, SMPN 2 Kandangan, SMPN 3 Kandangan.

Selanjutnya, di SMPN 4 Kandangan, SMPN 1 Padang Batung, SMPN 1 Loksado, SMPN 2 Angkinang, SMPN 1 Daha Utara dan SMP SMP IT Qurrata A’yun, sedangkan sisanya akan melaksanakan UNBK di SMAN 1 Kandangan, SMAN 2 Kandangan, SMAN 3 Kandangan, SMAN 1 Simpur dan SMKN 2 Kandangan.

Pelaksanaan UNBK SMP di Kabupaten HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019