Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mewajibkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) perempuan memakai kebaya saat bekerja pada Senin (22/4) besok untuk menyambut peringatan Hari Kartini.

"Sesuai instruksi bupati, semua ASN wajib memakai kebaya saat bekerja di kantor pada Senin tanggal 22 April. Ini sebagai salah satu bentuk penghormatan kita dalam memperingati Hari Kartini," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor di Sampit, Minggu.

Ia menjelaskan, tahun ini Hari Kartini diperingati untuk yang ke-140  dan setiap tahun, berbagai kegiatan dilaksanakan termasuk tahun ini yang mewajibkan seluruh ASN perempuan di Kotawaringin Timur memakai kebaya agar suasana lebih semarak.

Kegiatan lain juga digelar oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kotawaringin Timur di Citimall Sampit pada Sabtu (20/4) siang  kemarin yaitu  parade kebaya yang diikuti 250 perempuan dari kalangan pelajar, mahasiswa, pegawai negeri, istri polisi, istri tentara dan ibu rumah tangga.

Menurut Halikinnor, tujuan utama yang ingin dicapai adalah menggelorakan kembali semangat dan teladan seorang Raden Ajeng Kartini yang dinilai merupakan figur seorang perempuan yang gigih dan berpikiran maju.

"Perempuan di Kotawaringin Timur diharapkan terus meningkatkan potensi diri di berbagai bidang yang digeluti. Dalam berkarya dan berprestasi, perempuan didorong mampu berkompetisi, termasuk dengan kaum laki-laki namun tidak meninggalkan kewajiban dan tanggung jawab dalam keluarga atau rumah tangga," katanya.

Peringatan Hari Kartini diharapkan dapat memotivasi seluruh perempuan di daerah ini untuk terus belajar dan semakin produktif, serta mempunyai ketangguhan membangun masa depan bangsa menghadapi tantangan global.

Perempuan juga diajak mawas diri atau introspeksi diri tentang apa saja yang telah dilakukan untuk kemajuan kaum perempuan, khususnya dalam setahun terakhir. 

Halikinnor menambahkan, peran perempuan tidak terlepas dari upaya untuk memberdayakan keluarga, meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, hidup harmonis dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Saat ini sudah banyak perempuan Kotawaringin Timur yang berprestasi di berbagai bidang. Ini perkembangan baik yang harus terus didorong namun tentu tanpa melupakan kodrat sebagai perempuan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam keluarga," katanya.
 

Pewarta: Kasriadi/Norjani

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019