Pengurus Daerah (PD) Salimah Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, selenggarakan Pelatihan Public Speaking dengan tema Training Master Of Ceremony (MC) & Public Speaking Professional "More Then Speaking" yang bertempat di Aula DPRD Balangan, Jum’at (19/4).

Pelatihan ini dihadiri oleh 28 peserta dari Pengurus Daerah (PD) dan Pengurus Cabang (PC) Salimah Balangan, beserta anggota dan umum. Kegiatan pelatihan  dilaksanakan sejak pukul 08.30 Wita hingga 17.00 Wita, dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-qur’an oleh Miratama dari bidang dakwah. 

Dalam kesempatan itu Ketua PD Salimah Balangan, Murjiah menjelaskan, Public Speaking adalah komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan umum (orang banyak;red) lainnya.

"Kebanyakan orang takut berbicara di hadapan orang banyak dengan ragam alasan, diantaranya suka merasa gugup, grogi, merasa tidak bisa, tidak biasa, takut salah ucap, takut nge-blank, dan sebagainya yang masuk kategori "demam panggung," imbuhnya.

Sementara itu, Dewan Pembina PD Salimah, Syahridha Elyani mengatakan, tentang pentingnya public speaking. Tidak hanya bagi wanita karir, namun juga ibu rumah tangga meliputi bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan anak dan keluarga serta orang lain disekitar kita.

"Anak tentu akan meniru atau terpengaruh dengan bagaimana gaya bahasa serta tata cara penyampaian sesuatu didalam sebuah keluarga, sehingga penting kiranya hal tersebut juga dibiasakan di dalam rumah, agar kelak anggota keluarga terutama anak-anak, mampu dengan lugas menyampaikan sesuatu pendapat, gagasan dan lain sebagainya dihadapan orang lain secara baik dan benar," tuturnya.

Disampaikan H Thamrin selaku pemateri pada acara tersebut, bahwa public speaking adalah keterampilan yang sangat penting dikuasai olah setiap orang, caranya di mulai dengan latihan kecil dan sering melakukannya, salah satu contohnya di mulai bicara di depan keluarga .

"Selain itu, pondasi dasar untuk merencanakan dan menampilkan public speaking yang sukses di antaranya adalah, kuasai topik pembicaraan, kenali audiens, kenali tempat dan lokasi, bayangkan diri anda memberikan semangat yang luar biasa, fokus pada pesan yang ingin disampaikan, bukan diri anda," ujarnya sembari memberikan penjelasan kepada para peserta.

Selain melaksanakan pelatihan public speaking, kegiatan tersebut juga melaksanakan pelatihan Master Of Ceremony (MC), karena tutur H Thamrin yang pernah menjabat sebagai Camat di Kecamatan Batumandi, selain itu Kabaghumas dan Protokol Setdakab Balangan, dan kini Kepala Dinas Keuangan Daerah Balangan, antara public speaking dan MC memiliki hubungan yang erat.

Selain kepiawaian dalam berbicara dihadapan orang banyak, tentu juga harus memiliki wawasan tentang apa yang ingin disampaikan, serta memiliki tutur kata yang baik dan mudah difahami oleh orang lain, pungkasnya.
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019