Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) pemenangan pasangan Capres dan Cawapres Prabowo-Sandi (PS) Kalimantan Selatan H Abidin mengatakan pelaksanaan pencoblosan pada pemilihan umum kali sangat tertib dan damai.

"Saya sudah keliling meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan pelaksanaan pencoblosan berjalan tertib," ujarnya usai mencoblos pada TPS 032 Kelurahan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan, Rabu.

Abidin juga mengucapkan terima kasih kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS), yang mengatur pelaksanaan pencoblosan sehingga berjalan tertib.

Begitu pula kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama bagi yang mempunyai hak pilih,  Abidin yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kalsel tersebut, menyampaikan terima kasih atas partisipasinya dalam menyukseskan Pemilu 2019.

Beberapa TPS di Banjarmasin yang berjuluk kota seribu sungai, dan Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, Kalsel hingga pukul 10.00 WITA partisipasi pemilih baru mencapai sekitar 50 persen.

Ketua KPPS Jumbri mengatakan, seperti pada TPS 032 Kelurahan Pemurus Dalam Banjarmasin, hingga pukul 10.00 WITA baru sekitar 50 persen yang sudah mencoblos dari 220 orang pemilih.

Sedangkan di TPS 02 Kelurahan Kertak Hanyar dari 210 pemilih yang terdaftar, hingga pukul 09.00 WITA, baru sekitar 30 persen yang datang memenuhi undangan untuk mencoblos pada Pemilu 2019.

Sementara dari sejumlah TPS di kota seribu sungai, dan Kertak Hanyar pada umumnya tampak sederhana atau biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa, kecuali menghiasi dengan janur dan balon bagaikan dekorasi pengantinan serta ulang tahun anak-anak.

Selain itu, membuat latar belakang pencoblosan dengan "argoci" (berupa kain yang penuh hiasan manik-manik), sebuah karya budaya khas daerah Banjar, Kalsel sejak tempo dulu atau berabad-abad silam.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019