Wakil Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan H Rahmadian Noor menghadiri Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019, di Mapolres Batola, Senin (15/4).


Kapolres Mugi Sekar Jaya mengungkapkan, digelarnya apel pergeseran pasukan ini diselenggarakan untuk melihat kesiapan Polri dan TNI serta institusi terkait lainnya dalam rangka pengamanan Pemilu 2019.

Kapolres Mugi Sekar Jaya mengatakan, pihak keamanan menjamin proses pelaksanaan pesta demokrasi ini berjalan aman, lancar, dan kondusif serta melakukan antisipasi munculnya konflik yang bisa mengganggu pelaksanaan Pemilu.

Dalam tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara, sebut Mugi, pengamanan penuh dilaksanakan TNI/Polri. Karenanya kepada seluruh peserta apel ia minta untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

“Mulai hari ini kita laksanakan pergeseran sejumlah personil ke beberapa TPS guna mengamankan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 hingga selesai penghitungan suara nantinya,” katanya.
Kepaada masyarakat,  dia meminta,  untuk jangan takut datang ke TPS guna menggunakan hak pilih serta tidak takut adanya intimidasi dan intervensi dari pihak manapun.

Terkait pengamanan pemungutan suara Pemilu 2019 di wilayah Batola, Mugi menyebut, Polres Batola, Kodim 1005 Marabahan, dan linmas siap mengamankan seluruh TPS yang ada di wilayah Batola.

Atensi pengamanan, sebutnya, adalah suksesnya pemilihan tidak boleh ada gangguan. Aparat akan melindungi setiap warga negara untuk menggunakan hak pilih. Adapun antisipasi gangguan di tingkat TPS.

“Mulai hari ini seluruh personil pengamanan sudah kami geser ke jajaran polsek dan selanjutnya nanti akan mengamankan di TPS sesuai ploting kewilayahannya pada H-1 hingga selesai pengiriman hasil ke PPK,"ucapnya.

Apel yang dipimpin langsung Kapolres AKBP Mugi Sekar Jaya tersebut  juga dihadiri Komandan Kodim 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto dan undangan lainnya dengan ditandai peninjauan pasukan dari Wabup H Rahmadian Noor, Kapolres Mugi Sekar Jaya, Dandim Sugianto dan lainnya.

Apel sendiri diikuti personil Polres Batola yang bertugas melakukan pengamanan Pemilu 2019 bersama TNI dan lainnya. Semua personil secara resmi mulai digeser bertugas melakukan pengamanan di selurus TPS di 17 Kecamatan di Kabupaten Batola usai pelaksanaan apel.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019