Selepas acara Executive Gathering dengan Bank Kalsel, Senin (15/4)malam, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS)H. Achmad Fikry langsung meluncur ke beberapa kecamatan, melakukan peninjauan persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Ia mengatakan, agar semua pihak sama-sama berperan aktif untuk mensukseskan pemilu 2019 ini dan peninjauan dilakukan pihaknya ingin memastikan tingkat kesiapan para penyelenggara pemilu.

"Penyelenggara pemilu itu tidak bekerja sendiri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dan aparat keamanan dalam hal ini ada di belakang sebagai pendorong, semoga bisa memotifasi mereka dalam bekerja," katanya.

Dijelaskan dia, pihaknya hanya mengingatkan dan kalau terjadi apa-apa agar bisa berkoordinasi dan diantisipasi sejak dini serta yang berhak menentukan keputusan dalam hal teknis tetap ada pada penyelenggara pemilu.

Peninjauan persiapan Pemilu 2019 (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Polres HSS gelar tabligh akbar jelang Pemilu 2019

Peninjauan dilakukan secara berantai dimulai dari Kecamatan Sungai Raya, Kalumpang, Simpur dan terakhir di Kecamatan Kandangan, peninjauan ke beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan disambut oleh para camat masing-masing wilayah dan para kapolsek dan danramil setempat.

Dalam kesempatan dialog dengan para penyelenggara pemilu ini, Bupati HSS menanyakan tentang kesiapan dan kendala yang ada, secara umum baik dari camat dan kapolsek melaporkan bahwa kondisi menjelang hari H pemilu tetap kondusif dan terkendali.

Di semua PPK yang ada, Bupati HSS berpesan agar di setiap TPS kalau bisa diadakan ruangan khusus atau paling tidak sudut tertentu yang dialokasikan khusus untuk melaksanakan sholat, khususnya saat menghadapi penghitungan suara nanti yang melewati waktu Sholat Dzuhur yang berbarengan moment krusial dan paling sensitif.

"Para PPS tentu diharuskan standby dan tidak boleh meninggalkan tempat sampai selesai. Kalau tempat sholat ada maka bisa bergantian sehingga pekerjaan sukses dan kewajiban agama juga terlaksanakan," katanya.

Peninjauan terakhir yang dilakukan di Kecamatan Kandangan, bupati langsung menuju ke GOS ALuh Idut Kandangan, yang merupakan gudang logistik Pemilu 2019 KPUD HSS.

Peninjauan persiapan Pemilu 2019 (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: KPU HSS melipat 879.169 lembar surat suara

Di tempat ini kebetulan juga telah hadir para komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) HSS lainnya, Camat Kandangan Ronaldy P Putra, serta jajaran Polres HSS yang sedang melakukan peninjauan pula. 

Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina, mengatakan seluruh logistik hingga tadi malam sudah sampai ke seluruh kecamatan, hanya Kecamatan Kandangan yang belum diserahkan.

"Kecamatan Kandangan letaknya cukup dekat, jadi untuk sementara tetap di Gudang Logistik KPU Kabupaten dulu dan rencananya baru akan diserahkan ke PPK Kandangan Selasa (16/4)," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019