Tanjung - Pemerintah Kabupaten Tabalong berhasil meningkatkan jumlah pengguna KB dalam rangka mengendalikan pertambahan penduduk di 'Bumi.Saraba Kawa' ini.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan dalam lima tahun ini berhaisl meningkatkan partisipasi pengguna KB hingga 50 persen.

"Alhamdulillah pengguna KB meningkat lebih dari 50 persen selama lima tahun terakhir," jelas Anang.

Hal ini disampaikan Anang di hadapan tim dari Kementrian KB  dan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan.

Adanya peningkatan pengguna KB sendiri didukung layanan KB secara gratis hingga ke pedesaan khususnya wilayah yang sulit dijangkau.

Selain itu peningkatan insentif bagi para kader KB juga sangat mendukung pelaksanaan program KB yang berdampak pada Indek Pembangunan Manusia.

Alokasi dana untuk insentif kader yang semula hanya  sejumlah Rp.417 juta pada 2014 bertambah saat ini menjadi Rp.1,4 miliar.

 Sementara itu keberhasilan kabupaten Tabalong dalam meningkatkan partisipasi KB berdampak pada peringkat IPM hingga masuk tiga besar tingkat Provinsi Kalsel.

Dengan IPM 70,76 atau peringkat ketiga tingkat Provinsi Kalsel dan peingkatan partisipasi pengguna KB Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mendapatkan penghargaan Satya Lancana Pembangunan bidang kependudukan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019