Perusahaan Daerah Instalasi Pengolahan Air Limbah (PD Ipal) Kota Banjarmasin, sosialisasikan sanitasi dan penangan air limbah domistik kemasyarakat.

Sosialisasi sanitasi dan penanganan air limbah domistik tersebut berlangsung di halaman kantor PD Ipal Jalan Pasar Pagi Banjarmasin, Kamis diikuti sekitar 70 peserta.

Kepala PD Ipal Rahmatullah menyebutkan, sasaran sosialisasi sanitasi kali ini adalah masyarakat di RT 1, RT 2, RT3, dan RT 4, Kelurahan Kelayan Barat, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Pasalnya masyarakat sekitar tersebut akan terkena proyek pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) yang sekaligus terkena proyek pemasangan instalasi penanganan air limbah oleh PD Ipal.

Menurut Rahmatullah PD Ipal akan melanjutkan pekerjaan pemasangan pipa instalasi penanganan air limbah di kawasan Kelayan Barat, setelah memperoleh dana dari APBN dari Kenenterian PUPR senilai Rp8 miliar.

Dengan adanya bantuan tersebut, maka akan dikerjakan pemasangan perpipaan di wilayah tersebut sehingga proyek tersebut terkena proyek Rusunawa serta masyarakat sekitarnya.

Dalam acara soislisasi tersebut juga disampaikan pemaparan dari Dinas Kesehatan, program Kotaku (program kota tanpa kumuh) PUPR, dari Forum Komunitas Hijau (FKH), serta dari PD Ipal sendiri.

FKH melalui Paman Anum memaparkan pentingnya sanitasi sebagai upaya menciptakan kota yang bersih dan nyaman.

Sebagai kota yang baik tentu ada penanganan sanitasi karena tanpa sanitasi kota tersebut dinilai kotor dan dinilai kurang mampu mengelola sistem tata kotanya.

Oleh karena itu FKH sebagai organisasi pecinta lingkungan berusaha membantu pemerintah untuk menciptakan kota yang bersih dan nyaman tersebut, sekaligus mengajak masyarakat secara bersama-sama untuk berbuat serupa.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019