Legislatif Kabupaten Kotabaru melaksanakan bimbingan teknis dalam rangka Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD yang difokuskan pada pengawasan terhadap kebijakan pembangunan dan LKPj kepala daerah.

Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Muhammad Arif, Kamis, mengatakan kegiatan peningkatan SDM (sumber daya manusia) ini diharapkan dapat menjadikan bertambahnya pengetahuan bagi legislator sehingga mampu meningkatkan kinerja.

"Harapan kami agar semua anggota DPRD Kotabaru dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas, sehingga nantinya terkorelasi dengan meningkatnya kinerja," kata Arif.

Ia menjelaskan, pelaksanaan SDM di Banjarmasin berlangsung 3-7 April, dengan tema Peran DPRD dalam melakukan pengawasan terhadap penentuan kebijakan pembangunan dan LKPj kepala daerah.

Masih menjadi bagian dari program sebelumnya, kegiatan SDM dengan tujuan utama yakni Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD Kotabaru ini merupakan hasil kerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Lebih lanjut politisi Partai PPP ini mengungkapkan, target dan orientasi pelaksanaan Bimtek ini adalah pendalaman pengetahuan terhadap tugas, peran dan fungsi dewan bagi segenap legislatif Kotabaru.

"Selain menjalin hubungan lebih erat dan maksimal dengan unsur sektor pendidikan di daerah, pelaksanaan Bimtek yang bekerjasama dengan ULM, karena dinilai lebih mengetahui segala permasalahan Kotabaru," kata Arif.

Dengan demikian, tujuan legislatif dalam mengoptimalkan peran akademi bagi pembangunan daerah (Kabupaten Kotabaru) akan lebih maksimal.

Alasan lain pelaksanaan Bimtek di dalam provinsi adalah, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku saat ini, surat edaran Kemendagri No160/3559/SJ tentang petunjuk teknis orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD kabupaten/ kota, dijelaskan bahwa ULM Banjarmasin menjadi lembaga yang mempunyai kompetensi melaksanakan Bimtek.

Pewarta: Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019