Pemerintah Kabupaten Banjar siap menyinergikan program-program pembangunan dengan program pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sehingga seluruh masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan yang dijalankan. 

"Kami siap menyelaraskan sekaligus menyinergikan sehingga terwujud hasil dari program pembangunan yang bisa dinikmati masyarakat," ujar Bupati Banjar Khalilurrahman di Martapura, Rabu. 

Ia mengatakan, pihaknya sudah mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kalsel terkait penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020, Selasa (9/4).

Kegiatan mengangkat tema memacu daya saing perekonomian didukung sumber daya manusia berkualitas dihadiri bupati beserta seluruh kepala daerah seluruh kabupaten/kota di provinsi setempat.

Bupati pada kegiatan tersebut didampingi Asisten Perekonomian Pembangunan Nyoman Yudiana, Kepala Bapedalitbang Galuh Tantri Narindra dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura M Fachry.

"Tema musrenbang sejalan dengan  visi misi utama antara lain dalam bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur yang disiapkan melalui program pembanguan jalan maupun jembatan," ucap bupati.

Sementara itu, musrenbang Kalsel merumuskan arah pembangunan melalui sejumlah program prioritas masuk tahun 2020. Salah satunya persoalan Banjarbakula dan program pembangunan rel kereta api.

Selain itu ada program penunjang perekonomian disamping program lain terutama yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia berkualitas sesuai tema dalam musrenbang itu. 

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, infrastruktur dan peningkatkan SDM masih menjadi fokus pembangunan tahun 2020 karena dua hal tersebut sangat dibutuhkan saat ini.

"Setiap program harus direncanakan baik, terukur dan tepat sasaran serta harus pro rakyat karena menjadi standar wajib bagi pemerintah mewujudkan pembangunan  berpihak kepada masyarakat," ujarnya.

Gubernur juga mengharapkan ada peningkatkan program kerja ke depan terutama program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan diperlukan sinergi seluruh pihak. 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019