Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, mengembangkan pendidikan keagamaan di bidang hafalan Al Quran atau Tahfidz Al Quran melalui Program Pembibitan Penghafal Al Quran (PPPA).

Menurut Wakil Bupati Balangan H Ansharuddin di Paringin, ibu kota Balangan, Kamis, program tersebut bekerja sama dengan Pondok Pesantren Daarul Quran bimbingan Ustadz Yusuf Mansyur.

"Hingga saat ini Balangan telah memiliki empat rumah Tahfidz Al Qur`an masing-masing di Kecamatan Awayan, Lampihong, Desa Pudak dan di Galumbang," ujarnya.

Rumah-rumah Tahfidz Al Quran yang telah dibangun itu menitik beratkan pada pembelajaran dan perbaikan bacaan serta bimbingan menghafal Al Quran secara bertahap.

Ia mengatakan, dengan adanya rumah Tahfidz Al Quran tersebut diharapkan akan melahirkan generasi qurani yang bukan hanya mampu menghafalkannya tetapi juga mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi terhadap Ustadz Yusuf Mansyur selaku penggagas PPPA Tahfidz Al Quran dan kerja sama yang telah terjalin guna membentuk generasi penerus Balangan yang qurani," katanya.

PPPA Tahfidz Al Quran dicetuskan dan didirikan pertama kali oleh Ustadz Yusuf Mansyur untuk mendidik generasi muda yang mampu menghafal dan menerapkan Al Quran dalam kehidupan.

Dalam perkembangannya, PPPA Tahfidz Al Quran mendapat sambutan baik dari masyarakat dan hingga kini telah berhasil mengembangkan jaringan di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Balangan.

Ia menambahkan, dengan jaringan PPPA Tahfidz Al Quran yang tersebar luas di Indonesia tentunya banyak pengalaman dan memiliki arah pengembangan yang jelas.

"Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat, bukan hanya untuk para santri tetapi juga masyarakat sekitar, daerah dan lebih luas lagi terhadap pembangunan masyarakat Indonesia," tambahnya.

Kepada masyarakat Balangan khususnya, di imbau agar ikut serta dan berperan aktif dalam upaya pengembangan kebudayaan Islam yang salah satunya melalui rumah Tahfidz Al Quran.

Diharapkan, keberadaan PPPA Tahfidz Al Quran mendapatkan ridho dari Allah SWT untuk menjaga kemurnian kitab suci Al Quran. 

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012