Sebanyak 2.087 siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, lancar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serentak sejak, Senin.

"Pelaksanaan UNBK hari pertama lancar dan tidak ada masalah yang mengganggu jalannya ujian," ujar Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kota Banjarbaru Eko Sanyoto, Senin. 

Ia mengatakan, ribuan siswa peserta UNBK itu terdiri dari siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak 935 orang, jurusan IPS 940 orang, jurusan Bahasa 54 orang dan jurusan Agama 158 orang. 

Disebutkan, seluruh siswa tingkat akhir sekolah itu mengikuti ujian pada 21 sekolah penyelenggara UNBK baik SMA maupun MA negeri dan swasta tersebar di berbagai wilayah di kota tersebut.

"Sekolah yang menyelenggarakan UNBK secara penuh sebanyak 18 sekolah, sedangkan tiga sekolah lainnya ikut bergabung dengan sekolah lain," ujar Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Banjarbaru itu. 

Dikatakan, jumlah siswa SMAN 1 peserta UNBK sebanyak 267 orang yang mengikuti ujian melalui layar komputer dibagi dalam tiga sesi pelaksanaan ujian sejak pagi hingga siang hari.

Sesuai jadwal yang ditetapkan, mata pelajaran hari pertama bagi peserta ujian yakni Bahasa Indonesia dan Matematika hari Selasa, kemudian Bahasa Inggris hari Rabu sedangkan Kamis mata pelajaran Agama.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Banjarbaru Eksan Wasesa mengatakan, pelaksanaan ujian di sekolahnya yang diikuti sebanyak 301 siswa juga berlangsung lancar tanpa ada hambatan.

"Pelaksanaan ujian hari pertama ini sejak sesi pertama hingga sesi ketiga lancar tidak ada hambatan. Harapan kami, pelaksanaan ujian hingga hari terakhir juga berjalan lancar," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019