Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Ahmad Chairansyah membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HST Tahun 2020  di Pendopo Pemkab HST, Kamis (28/3).

Dalam sambutannya Chairansyah mengharapkan agar prioritas pembangunan HST dapat benar-benar tercapai secara optimal dan dirasakan langsung oleh masyarakat HST secara umum, terutama usulan-usulan yang telah disampaikan melalui mekanisme sejak musrenbang desa, kecamatan hingga kabupaten.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda H Ahmad Syahriani Effendi dalam laporannya memaparkan sembilan prioritas pembangunan HST.

Selain itu, Dia juga menyampaikan arah kebijakan pembangunan, sasaran dan target pembangunan termasuk program dan kegiatan RKPD yang di dalamnya tercakup tentang IPM dan pertumbuhan ekonomi HST secara umum.

Menurutnya, pada musrenbang di tingkat kecamatan diperoleh 1.734 usulan, namun jumlah yang disetujui 1.110 usulan dan termasuk dalam prioritas adalah sebanyak 444 usulan.

Kemudian untuk rencana 2020 mendatang, didapat data rencana program dan kegiatan RKPD sebanyak 311 program.dan 814 kegiatan.

Sedangkan, total proyeksi kemampuan fiskal tahun 2020 dengan rancangan awal rencana kerja SKPD sebesar Rp1.062 miliar yang sudah termasuk operasional SKPD.

Musrenbang ini menghadirkan narasumber Ketua DPRD HST, Bappelitbangda Provinsi Kalsel, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel.

Dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah HST, para Kepala SOPD, Camat, tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM, organisasi masyarakat, organisasi Kepemudaan, TP PKK, pimpinan partai politik, dan undangan lainnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019