Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan menyampaikan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ini sebagai tolak ukur untuk mempersiapkan atlet-atlet HSS yang akan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) mendatang, bertempat di halaman Setda HSS.

Ia mengatakan, apabila Porprov mendatang di mana Kabupaten HSS sebagai tuan rumah ingin sukses penyelenggaraan dan juga sukses prestasi, dan dalam event-event tersebut yang penting diperkuat adalah sikap mental.

"Kami berharap atlet-atlet kita bisa mempersembahkan prestasi yang terbaik dan bisa menjaga nama baik HSS, dan agar anak-anak karena status masih pelajar, prestasi yang diperoleh dalam bidang olahraga sejajar dengan prestasi akademik," katanya, saat melepas kontingen POPDA HSS serta Kontingen Satpol PP, Rabu (28/3).

Menurut dia, ingin olahragawan itu bisa berprestasi olahraga, juga bisa berprestasi akademik dan pihaknya setiap tahun akan melengkapi dan membenahi semua fasilitas olahraga yang memungkinkan anak-anak bisa berprestasi sesuai bidangnya masing-masing.

Baca juga: Rombongan Finlandia-Estonia kagum keindahan alam Loksado

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata M.Arlian Syahrial, melaporkan bahwa POPDA dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 5 April 2019 bertempat di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

Dijelaskan dia, dalam penjaringan atlet berbakat yang dilaksanakan melalui multi event dalam beberapa kegiatan diantaranya POPDA, POPWIL, POPNAS serta kompetensi olah raga pelajar.

"Dalam POPDA dilaksanakan setiap tahun yang dibagi dalam dua kategori, yaitu untuk tahun ganjil event cabang olah raga perorangan sedangkan tahun genap event cabang olah raga beregu," katanya.

Adapun jumlah cabang olah raga yang diikuti berjumlah sembilan cabang olah raga dari 10 cabang orah raga yang dipertandingkan yakni atletik, dayung, gulat, karate, panahan, renang, taekwondo, tinju dan voli pasir.

Jumlah atlet POPDA HSS tahun 2019 berjumlah 99 orang, yang terdiri dari 60 atlet putra dan 39 atlet putri. Atlet POPDA HSS terdiri dari tingkat SD/MI sembilan atlet, SMP/MTs 41 atlet dan SMA sederajat 49 atlet.

Baca juga: HSS gelar Kejuaraan Pencak Silat Championship Kandangan Open

"Kami berharap nantinya kontingen POPDA HSS bisa memperoleh tingkat prestasi kelompok lima besar pada urutan perolehan medali di Tingkat Provinsi Kalsel," katanya.

Sementara itu, untuk kontingen Satpol PP Kabupaten HSS mengirimkan 55 personel yang akan mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP Tingkat Provinsi Kalsel tersebut. Kegiatan HUT Satpol PP bertempat di Kabupaten Barito Kuala dari tanggal 27 hingga 29 Maret 2019.

Pelepasan kedua kontingen baik POPDA maupun Satpol tersebut ditandai dengan penyerahan bendera kontingen oleh Bupati HSS kepada ketua kontingen.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019