Jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi/Debarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan dijadwalkan tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Senin (5/11) pukul 04.00 Wita.

"Kami sudah menghubungi pihak Garuda dan jadwal kedatangan tidak berubah yakni Senin pukul 04.00 Wita," ujar Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Banjarmasin Syukeriansyah di Banjarbaru, Minggu.

Ia mengatakan, kloter perdana yang kembali ke tanah air setelah menjalankan rangkaian ibadah haji selama empat puluh hari di tanah suci adalah rombongan jemaah haji dari Kabupaten Tabalong sebanyak 325 jemaah.

Menurut dia, pihaknya mendapat kepastian bahwa kedatangan kloter 1 tepat waktu karena pesawat yang akan mengangkut jemaah sudah bertolak menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah menjemput jemaah.

"Pesawat sudah berangkat menuju Jeddah untuk menjemput jemaah dan kami sangat mengharapkan kedatangan bisa tepat waktu sehingga proses penyambutan berjalan sesuai perencanaan," ungkapnya.

Dikatakan Kabid Penyelenggaraan Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel itu, penyambutan jemaah akan dilakukan langsung Gubernur Kalsel Rudy Ariffin didampingi pejabat terkait.

"Kami sudah menyampaikan undangan penyambutan ke gubernur dan hingga sekarang belum ada pemberitahuan dari Bagian Protokol bahwa gubernur berhalangan sehingga kemungkinan gubernur langsung yang menyambut," ujarnya.

Dijelaskan, proses penyambutan jemaah diawali penerimaan resmi di aula Jeddah di lingkungan asrama haji dilanjutkan pengecekan buku kesehatan dan pemeriksaan paspor milik setiap jemaah.

Bersamaan dengan proses itu, barang bagasi milik jemaah diperiksa pihak penerbangan di ruangan lain dan dihitung lalu disusun, dirapikan sebelum diserahkan kepada jemaah sesuai tanda kepemilikannya.

"Proses penerimaan diperkirakan berlangsung selama dua jam ditambah pemeriksaan bagasi yang juga memakan waktu dua jam sehingga mungkin pukul 08.00 Wita seluruh proses selesai dan jemaah bisa pulang," katanya.

Sementara itu, setelah kedatangan jemaah kloter 1 disusul jemaah kloter 2 yang seluruhnya merupakan jemaah dari Kabupaten Banjar sebanyak 325 orang dan dijadwalkan tiba, Selasa (6/11) pukul 11.45 Wita.C

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012